Ada warganya terjangkit virus corona sempat di Bali, begini respons Konjen China

Kamis, 13 Februari 2020 | 16:16 WIB Sumber: Kompas.com
Ada warganya terjangkit virus corona sempat di Bali, begini respons Konjen China

ILUSTRASI. Petugas memeriksa tiket calon penumpang di Terminal Keberangkatan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (4/2/2020). Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memutuskan penundaan penerbangan dari dan menuju seluruh destinas


VIRUS CORONA - DENPASAR. Konsulat Jenderal China di Denpasar Gou Haodong mengaku telah mendengar mengenai salah satu warga China penderita virus corona yang sempat melakukan perjalanan ke Bali. Dia mengaku mengetahui hal tersebut dari pemberitaan sejumlah media di China.

"Kami dapat informasi dari media Tiongkok, ada yang sempat ke Bali. Lalu kembali ke Tiongkok dan dinyatakan positif. Berita-berita tentang itu terbuka di internet," kata Gou Haodong saat ditemui, Kamis (13/2/2020).

Baca Juga: China mengganti kepala urusan Hong Kong dan Makau

Gou mengatakan, warga China yang dimaksud adalah perempuan bernama Jin. Turis tersebut berlibur selama dua pekan di Bali, sebelum pulang ke China pada 28 Januari 2020. Jin dinyatakan positif terkena virus corona setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh otoritas China.

Menurut Gou, saat berada di Indonesia, tidak ada laporan medis yang menyatakan Jin terindikasi virus corona. "Orang ini tanggal 28 tinggalkan Indonesia. Secara medis tidak ada laporan lain, berarti tidak terjadi pada orang lain. Tapi kita harus waspada," ujar Gou.

Saat ini, Konjen China juga sedang menelusuri agen perjalanan yang menangani Jin selama di Bali. Hal tersebut untuk mengetahui tempat-tempat wisata mana saja yang sempat dikunjungi Jin. "Kami sekarang masih cari informasi agen perjalanan, tapi belum dapat," ucap Gou Haodong.

Baca Juga: Kemenkes angkat bicara soal turis China terjangkit virus corona setelah dari Bali

Editor: Noverius Laoli

Terbaru