Adaro Energy siap laksanakan rehabilitasi DAS Bukit Menoreh

Rabu, 13 Oktober 2021 | 12:04 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Adaro Energy siap laksanakan rehabilitasi DAS Bukit Menoreh

ILUSTRASI. PT Adaro Energy. REUTERS/Beawiharta/File Photo


LINGKUNGAN HIDUP - JAKARTA. PT Adaro Energy Tbk melakukan rehabilitas Daerah Aliran Sungai (DAS) Bukit Menoreh, kawasan Borobudur, Jawa Tengah. Ini tugas didapat perseroan daru Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK).

Presiden Direktur Adaro Energy Garibaldi Thohir menilai pulihnya vegetasi DAS ini sangat penting untuk membantu menjaga konservasi sumber daya air sekaligus sebagai pencegah bencana banjir. Adaro merupakan satu dari lima perusahaan yang melakukan rehabilitasi DAS seluas 1.656 hektare.

"PT Adaro Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang ditunjuk untuk melaksanakan rehabilitasi DAS seluas 512 Ha di area Menoreh, Kab Magelang Jawa Tengah, siap untuk mensukseskan kegiatan ini. Dengan niat baik ini semoga semuanya dimudahkan dan membawa berkah bagi kita semua," ujar Garibaldi dalam keterangan resminya, Rabu (13/10).

Baca Juga: Lonjakan harga batubara dinilai akan menopang pertumbuhan ekspor hingga akhir tahun

Garibaldi juga berharap langkah bersama ini akan meningkatkan percepatan pelaksanaan rehabilitasi hutan dan lahan. Dia berharap ke depan para pemangku kepentingan dapat mewujudkan DAS yang lebih baik agar manfaatnya tidak hanya akan dirasakan masyarakat sekitar tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia.

"Selain itu, meningkatnya keterlibatan masyarakat dalam proses rehabilitasi DAS akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat sehingga membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat," ujar Garibaldi.

 

 

Adaro telah melakukan serah terima hasil penanaman rehabilitasi DAS kepada Plt Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (PDASRH) KLHK  pada 12 Oktober 2021. 

Rehabilitasi DAS merupakan kewajiban dan menjadi komitmen bagi pemegang IPPKH. Di tengah pandemi pun Adaro memastikan rehabilitasi DAS tetap berjalan baik sebagai wujud komitmen kita bahwa perusahaan tidak hanya mengejar aspek keuntungan semata tetapi juga berupaya memberikan dampak baik ke lingkungan dengan memperbaiki lingkungan.

Selain itu, meningkatnya keterlibatan masyarakat dalam proses rehabilitasi DAS akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat  sehingga membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Selanjutnya: Meneropong prospek kinerja Adaro Energy (ADRO) di tengah kenaikan harga batubara

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru