Ahok dukung legalisasi balap liar di DKI

Selasa, 12 Januari 2016 | 19:11 WIB Sumber: Kompas.com
Ahok dukung legalisasi balap liar di DKI


JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mendukung langkah kepolisian untuk melegalkan kawasan balap liar di ibu kota.

Bahkan, menurut dia, legalisasi balap liar akan menimalisir angka kecelakaan.

"Boleh saja kan kalau di Kemayoran dibuat semacam itu, yang penting dijaga. Kalian jangan salah lho, balapan resmi justru akan menghindari kecelakaan," kata Basuki, di Balai Kota, Selasa (12/1/2016).

Berdasarkan pengalaman, lanjut dia, kecil kemungkinan kasus kematian di sirkuit.

Sebab, pengamanan terhadap para pebalap juga diperhatikan. Justru menurut dia, angka kecelakaan semakin tinggi jika balap liar tidak dilegalkan.

"Itu yang bahaya. Kalau nabrak kena yang tajam-tajam, ketancep tiang, kena batu, jadi mati. Justru kalau balap liar diresmikan, itu lebih baik," kata Basuki.

Selain itu, kawasan yang dilegalkan untuk balap liar akan ditutup.

Polisi juga akan mengatur lalu lintas sekitar kawasan tersebut.

Basuki mengatakan, Singapura sebelumnya telah melegalkan balap liar pada tengah malam.

Ia pun tidak mempermasalahkan jika nantinya pedagang kaki lima (PKL) serta prostitusi semakin merebak akibat legalisasi balap liar.

"Cabe-cabean mana mungkin marah? Ketemu gue juga mereka senyum-senyum," kata Basuki.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Risyapudin mengatakan, legalisasi kawasan balap liar itu untuk mengakomodasi hobi para remaja.

Setelah melakukan rapat dengan para pemangku kepentingan, nantinya sebuah wadah akan dibentuk, berupa organisasi yang menaungi pebalap liar.

Salah satu langkahnya adalah membuat balapan resmi pada pertengahan Februari 2016 di beberapa jalan yang kerap dijadikan tempat balap liar.

Beberapa wilayah yang akan dijadikan ajang untuk balapan, antara lain, Jalanan Benyamin Sueb di Kemayoran, Jalan Asia Afrika, dan kawasan seputar Taman Mini Indonesia Indah.

(Kurnia Sari Aziza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru