Ahok tak berminat merekayasa cuaca

Selasa, 10 Februari 2015 | 15:27 WIB Sumber: Kompas.com
Ahok tak berminat merekayasa cuaca

ILUSTRASI. Nasabah Valas Wajib Cek Kurs Dollar-Rupiah di BCA Hari Ini Jumat, 25 Agustus 2023)/pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/19/03/2021.


JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak akan melakukan rekayasa cuaca. Hal itu disebabkan, bencana banjir ini belum sampai tahap status siaga darurat.

"Rekayasa cuaca atau hujan itu baru saya keluarkan kalau status di Jakarta sudah siaga darurat," kata Basuki, di Balai Kota, Selasa (10/2).

Basuki mengklaim banjir yang merendam beberapa wilayah Jakarta pun kini lebih cepat surut dan teratasi. Bencana ini terlihat besar disebabkan karena kawasan Ring I (Jalan Medan Merdeka) serta jalan protokol turut terendam banjir.

Banjir di sana pun, lanjut Basuki, disebabkan pemutusan aliran listrik oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) di sejumlah rumah pompa di Jakarta Utara, termasuk Waduk Pluit karena terendam banjir.

Apabila tidak ada pemutusan aliran listrik, Basuki menegaskan, kawasan pusat kota Jakarta tidak akan terendam banjir. "Ini kan cuma gara-gara kitanya kaget Istana terendam banjir, terus kalau Istana banjir, langsung (tetapkan status) siaga darurat gitu? Darurat apaan? Kampung Pulo saja enggak kerendem 7 meter lagi kan?" kata Basuki.

Basuki juga telah menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI untuk menutup pintu air yang tersebar di Jakarta. Ia mengimbau agar seluruh pintu air dibuka setiap hari, jangan menunggu dalam posisi siaga terlebih dahulu.

Sebab, menurut Basuki, apabila pintu air dibuka saat mendapat kiriman air dari Bendung Katulampa, Bogor, justru dapat menyebabkan banjir di kawasan sekitar.

"Saya bilang buat apa pintu air ditutup segala. Saya juga enggak akan keluarkan status Siaga Darurat, kalau keluarkan sekarang banyak pihak yang protes. Dulu pas Pak Jokowi jadi Gubernur saja enggak mau keluarkan status Siaga Darurat," kata Basuki. (Kurnia Sari Aziza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru