kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45788,81   -0,73   -0.09%
  • EMAS937.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.23%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.08%

Akhirnya, jalan lingkar Brebes-Tegal kembali dibangun setelah 8 tahun mangkrak


Rabu, 15 April 2020 / 08:16 WIB
Akhirnya, jalan lingkar Brebes-Tegal kembali dibangun setelah 8 tahun mangkrak
ILUSTRASI. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan keterangan pers sempat mangkrak selama 8 tahun sejak 2012 karena suatu kendala, Jalan Lingkar- Brebes kembali dibangun. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sempat mangkrak selama 8 tahun sejak 2012 karena suatu kendala, Jalan Lingkar- Brebes kembali dibangun. Konstruksi jalan nasional ini dimulai pada Januari 2020 untuk mendukung perkembangan Kawasan Industri Pantai Utara (Pantura) Barat Jawa Tengah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan dilakukan untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan perjalanan pengendara.

Menurut Basuki, akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar.

Baca Juga: Ahli: Pandemi corona akan mengubah struktur tata ruang kota

Untuk itu pembangunannya akan terus dilanjutkan dengan tetap memperhatikan protokol pembatasan fisik dan sosial untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

"Misalnya dalam pelaksanaan dengan tenaga kerja yang fit, terbatas jumlahnya dan tetap menjaga jarak aman,” kata Basuki dalam keterangan tertulis, Senin (14/4/2020).

Jalan nasional ini dirancang sepanjang 17 kilometer. Saat ini progres konstruksi baru mencapai 14,68 persen, atau melebihi target yang direncanakan sebesar 8,45 persen.

Pembangunannya dibagi menjadi empat zona yang dikerjakan secara paralel. Zona satu, terdapat pekerjaan stressing dan pemasangan girder jembatan.

Zona dua, ada persiapan kliring, zona tiga penimbunan tanah dan zona empat persiapan material tanah untuk pembangunan Jembatan Kemiri dan Kaligangsa.

Selain mengerjakan penimbunan tanah dan pengaspalan, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Semarang Jawa Tengah, Direktorat Jenderal Bina Marga juga membangun tujuh jembatan.

Baca Juga: Kementerian PUPR realokasi anggaran Rp 36,19 triliun untuk tangani virus corona

Lima jembatan yang tengah dibangun yakni jembatan Siderpa, Pemali, Sigeleng, Bugel dan Pancarawis. Sedangkan dua jembatan yang belum dibangun yakni Kemiri dan Kaligangsa.

Pembangunan Jalan Lingkar Brebes-Tegal menggunakan anggaran APBN senilai Rp 223 miliar dikerjakan oleh kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Pekerjaan jalan nasional ini ditargetkan tuntas atau selesai 100 persen pada akhir Desember 2020. (Hilda B Alexander)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sempat Mangkrak 8 Tahun, Jalan Lingkar Brebes-Tegal Kembali Dibangun ",



TERBARU
Terpopuler

[X]
×