Angin puting beliung bikin atap rumah di Yogyakarta berterbangan

Selasa, 24 April 2018 | 20:44 WIB Sumber: Kompas.com
Angin puting beliung bikin atap rumah di Yogyakarta berterbangan

Kerusakan akibat terjangan angin puting beliung di Yogyakarta


CUACA EKSTREM - YOGYAKARTA. Angin puting beliung pada Selasa (24/4) sekitar pukul 14.00 WIB, melanda sekitar Banciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.  Akibatnya, atap beberapa rumah warga rusak dan beberapa pohon tumbang.

Seorang warga Gendeng, Banciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Kabul (63) menuturkan, angin puting beliung terjadi secara tiba-tiba. Sebelumnya di lokasi tidak turun hujan. "Tiba-tiba saja muncul, tidak ada hujan," ujar Kabul (63), Selasa (24/4).

Kabul menjelaskan, angin puting beliung pertama kali muncul hari ini dari arah barat pada pukul 14.00 WIB. "Saya lihatnya muncul dari arah Barat, seperti tornado," ungkapnya.

Akibat terjangan angin puting beliung, bangunan di lantai dua galeri miliknya mengalami kerusakan. Selain itu, warung bakmi Jawa miliknya juga rusak. "Bangunan di lantai dua dan warung bakmi saya yang rusak," tuturnya.

 


 

Sementara itu Ahmad Mujasto (60) warga Gendeng, Banciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta menceritakan awalnya langit terlihat gelap. Lalu muncul seperti tornado dari arah Barat menuju ke Timur. "Langit gelap, tetapi tidak hujan. Saat angin mulai kencang, saya masuk ke rumah," ujarnya.

Saat angin melintas, suaranya seperti gemuruh. Genteng rumahnya sebagian besar berterbangan diterjang puting beliung. "Suaranya seperti gemuruh, ya sekitar 10 menitan. Atap rumah saya berterbangan, rusak," urainya.

 


 

Usai angin mulai mereda, Ahmad bersama keluarganya baru berani keluar rumah. Saat melihat sekeliling, beberapa rumah tetangganya mengalami hal serupa. Atap rumah mereka rusak.

"Rumah tetangga juga atapnya rusak, terus pohon-pohon juga ambruk. Setahu saya tidak ada warga yang menjadi korban," pungkasnya. (Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Yogyakarta Dilanda Puting Beliung, Atap Rumah Beterbangan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru