Anies Baswedan Berkomentar Soal Jabatan Gubernur DKI yang Segera Berakhir

Kamis, 01 September 2022 | 22:00 WIB Sumber: Kompas.com
Anies Baswedan Berkomentar Soal Jabatan Gubernur DKI yang Segera Berakhir

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai berkomentar soal masa jabatannya sebagai gubernur yang akan berakhir pada 16 Oktober 2022. Ia mengibaratkan purna tugasnya sebagai gubernur DKI Jakarta sebagai siklus kehidupan.

"Gini, kita semua tahu bahwa di dalam sebuah siklus kehidupan, ada awal, ada akhir. Kita semua ada datang, ada pergi," kata Anies di Hotel Fairmount, Jakarta Pusat, Kamis (1/9/2022).

"Itu sesuatu yang sejak kita masih kecil adalah sesuatu yang terbiasa saja," sambung dia.

Kemudian, Anies menyinggung rencana pembangunan daerah (RPD) tahun 2023-2026 yang telah disusun Pemprov DKI Jakarta. Anies berujar, RPD tersebut menjadi acuan bagi penjabat (Pj) gubernur penggantinya dalam memimpin Jakarta.

Untuk diketahui, RPD berbeda dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). RPD mencantumkan dokumen perencanaan, tetapi tak mencantumkan visi-misi kepala daerah seperti RPJMD.

"Ada yang namanya pembangunan jangka menengah, itulah pegangan dari siapa pun yang memimpin, di institusi apa pun, di provinsi mana pun, termasuk di Jakarta," kata Anies.

Baca Juga: Anies: Gaji Fresh Graduate PNS DKI Jakarta Berkisar Rp 12 Juta-Rp 18 Juta

"Namanya sekarang RPD, rencana pembangunan daerah, sampai 2026," lanjut dia.

Adapun DPRD DKI Jakarta telah menerima amanat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengusulkan tiga nama calon Pj gubernur DKI Jakarta.

"Surat dari Mendagri (Menteri Dalam Negeri) baru masuk kemarin, begitu infonya dari ketua Dewan," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani kepada wartawan, Kamis.

Rani mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum membahas mengenai siapa calon yang akan diusulkan sebagai Pj gubernur DKI Jakarta.

Sebab, DPRD DKI hingga kini masih fokus membahas anggaran pendapatan dan belanja daerah pertanggungjawaban (APBDPJ) tahun 2021.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Segera Lengser dari Jabatan Gubernur DKI, Anies: Dalam Siklus Kehidupan, Ada Awal dan Akhir"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru