Anies Baswedan: Mal akan buka 5 Juni, itu imajinasi, itu fiksi

Rabu, 27 Mei 2020 | 09:17 WIB Sumber: Kompas.com
Anies Baswedan: Mal akan buka 5 Juni, itu imajinasi, itu fiksi

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kedua dari kiri), Ketua DMI DKI Jakarta Ma'mun Al Ayyubi (kiri), dan Ketua MUI DKI Jakarta Munahar Muchtar (ketiga dari kiri) Jumat (22/5) menyampaikan imbau


DAMPAK VIRUS CORONA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI belum menentukan, kapan mal atau pusat perbelanjaan di Ibu Kota akan kembali beroperasi. 

Hal tersebut menanggapi kabar mal di Jakarta akan kembali buka mulai 5 Juni 2020, setelah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI tahap ketiga berakhir pada 4 Juni nanti. 

"Jadi, kalau saat ini ada yang mengatakan mal akan buka tanggal 5 Juni, itu imajinasi, itu fiksi," ujar Anies di sela peninjauan arus balik Lebaran 2020 di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (26/5). 

"Karena belum ada aturan mana pun yang mengatakan PSBB (Jakarta) diakhiri," ujarnya.

Baca Juga: PSBB di Jakarta hanya sampai 4 Juni, mall-mall ini siap beroperasi kembali

Menurut Anies, tanggal pembukaan kembali mal di Jakarta tidak bisa dipastikan begitu saja, dan menunggu hasil evaluasi PSBB tahap ketiga. 

"(Pembukaan mal mulai 5 Juni) tidak benar, itu tidak ada. Bahwa PSBB berakhir tanggal 4 (Juni), itu PSBB yang sekarang, tetapi PSBB bisa diperpanjang," kata dia.

Anies mengatakan, PSBB di Jakarta yang berlaku hingga 4 Juni bisa saja kembali diperpanjang sesuai kebutuhan. Sebab, hal itu bergantung pada kepatuhan masyarakat mengikuti aturan PSBB dalam rangka mengendalikan penularan Covid-19.

"Bisa diperpanjang, bisa juga berakhir. Tetapi, bukan tergantung pemerintah, bukan tergantung para ahli, tergantung perilaku kita semua," ungkapnya. 

Baca Juga: Cegah pendatang dan pemudik, gerbang tol Purwakarta arah Jakarta ditutup

Sebelumnya, dalam keterangan tertulis, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) bersiap mengoperasikan kembali mal di Jakarta. 

Ketua APPBI DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat menyampaikan, hingga Selasa (26/5), sudah ada 73 mal atau pusat perbelanjaan yang bakal kembali beroperasi mulai 5 Juni dan 8 Juni.

Penulis: Tria Sutrisna

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bantah Mal di Jakarta Buka Mulai 5 Juni, Anies: Itu Imajinasi, Itu Fiksi..."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru