Cegah pendatang dan pemudik, gerbang tol Purwakarta arah Jakarta ditutup

Rabu, 27 Mei 2020 | 08:59 WIB Sumber: Kompas.com
Cegah pendatang dan pemudik, gerbang tol Purwakarta arah Jakarta ditutup


DAMPAK VIRUS CORONA - JAKARTA. Untuk mencegah masyarakat dari luar daerah atau kota masuk wilayah Jabodetabek pasca Lebaran 2020, sejumlah akses masuk tol ditutup. Salah satunya Tol Jakarta-Cikampek, tepatnya di Purwakarta. 

"Kendaraan pribadi dan umum kita larang. Tapi, untuk angkutan barang diperbolehkan. Ini dalam rangka mengantisipasi arus balik Idul Fitri 1441 H di masa pandemi," kata Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Zanuar Cahyo Wibowo dalam keterangan tertulis, Selasa (26/5).

Teknis penyekatannya tetap sama seperti saat masa mudik Lebaran, yakni dengan melakukan pemeriksaan kendaraan dan surat sehat terhadap pengendara dan penumpang. 

Kemudian, pemudik juga wajib menunjukkan bukti Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM) yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jika tidak bisa menunjukkan dokumen tersebut, kendaraan diminta kembali. 

Baca Juga: Pemudik kembali ke Jakarta tanpa membawa SIKM, siap-siap kena denda

"Kendaraan yang dikecualikan ialah dinas, petugas, ambulans, pemadam kebakaran, serta angkutan logistik. Jadi, masyarakat yang akan kembali ke Jakarta diimbau sekali mengurus SIKM terlebih dahulu supaya perjalanan lancar dan aman," ujar Zanuar. 

Sebelumnya, Kabag Ops Korlantas Polri Brigjen Benyamin menyatakan, pihaknya telah menyiapkan 300 titik penyekatan untuk menghalau kendaraan untuk masuk wilayah Jakarta karena berpotensi menyebarkan virus corona baru. 

Kemudian, posko besar yang sudah Polri dirikan sebanyak 56 pos selama Operasi Ketupat 2020 tetap beroperasi. "(Posko pengamanan) Antarkabupaten sekarang kami pastikan akan kami aktifkan semua," kata dia. 

"Kami juga jaga yang jalur arteri. Misalnya, kendaraan yang dari Jawa Timur mau masuk Jawa Tengah, kami perintahkan kembali untuk ke Jawa Timur lagi kalau tidak lengkap. Diputarbalikkan," ujar Benyamin.

Baca Juga: Ini daftar provinsi dan kabupaten kota yang dijaga TNI & Polri dalam penerapan PSBB

Penulis: Ruly Kurniawan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Arus Balik, Gerbang Tol Purwakarta Arah Jakarta Mulai Ditutup"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru