Jabodetabek

Anies Baswedan: Pedagang Tanah Abang Lebaran juga

Selasa, 11 Mei 2021 | 23:28 WIB Sumber: Kompas.com
Anies Baswedan: Pedagang Tanah Abang Lebaran juga

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan penutupan Pasar Tanah Abang selama seminggu merupakan sebuah tradisi jelang Lebaran Idul Fitri.

Dia mengatakan penutupan jelang Lebaran tersebut merupakan hal yang normal dilakukan dari tahun ke tahun di Pasar Tanah Abang.

"Pedagangnya Lebaran juga, memang normalnya Pasar Tanah Abang kalau sudah Ramadhan hari terakhir beroperasi di jam tertentu kemudian pulang semuanya mau Lebaran," ucap Anies dalam keterangan suara, Selasa (11/5).

Manager Umum dan Humas Perumda Pasar Jaya Gatra Vaganza menjelaskan, penutupan yang dimulai besok sampai dengan 18 Mei 2021 meliputi seluruh komplek Pasar Tanah Abang.

Baca Juga: Pemprov DKI tutup semua TPU untuk ziarah selama 12-16 Mei, ini alasannya

Kecuali Blok F dan G yang diberikan waktu kurang lebih setengah hari hingga pukul 14.00 WIB untuk membuka dagangan sebelum ditutup selama seminggu.

Gatra mengatakan penutupan bukan merupakan bagian dari pencegahan penanganan Covid-19, tapi memang setiap tahunnya Pasar Tanah Abang akan ditutup sementara saat menjelang Idul Fitri.

"Kalau Tanah Abang kurang lebih tiap tahunnya seperti itu biasanya, tutup sampai seminggu, jadi itu bukan hal yang baru sebetulnya," ucap dia.

Bahkan banyak pedagang yang menutup lapak mereka lebih dulu mulai dari H-5 Lebaran. Sehingga banyak pedagang akhirnya sepakat untuk meneruskan tradisi tutup pasar selama seminggu tersebut. "Memang sudah disepakati juga kok," kata dia. (Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasar Tanah Abang Ditutup Seminggu, Anies: Kan Pedagang Juga Lebaran"

 

Editor: Yudho Winarto
Terbaru