CLOSE [X]

Anies Baswedan Ubah Istilah RSUD Menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta

Rabu, 03 Agustus 2022 | 14:19 WIB Sumber: Kompas.com
Anies Baswedan Ubah Istilah RSUD Menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan penjenamaan rumah sakit umum daerah (RSUD) menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta, pada Rabu (3/8/2022). Ia mengakui bahwa penjenamaan itu telah dibahas sejak 2019.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta disebut mulai menyiapkan sejumlah langkah terkait penjemanaan menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta pada 2020.

"Lalu muncul pandemi (Covid-19), sehingga ini (penjenamaan) terhenti. Baru kemudian kami aktifkan lagi setelah suasananya lebih memungkinkan," ucapnya di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu.

Ia menuturkan, penjenamaan dilakukan untuk mengubah pandangan masyarakat terhadap rumah sakit. Masyarakat kini dinilai hanya datang ke rumah sakit hanya saat sedang tidak bugar saja.

Saat ini, Anies menginginkan masyarakat agar mendatangi rumah sakit saat mereka dalam keadaan sehat.

Baca Juga: Gubernur Anies Baswedan Ajukan Banding Putusan PTUN Soal UMP Jakarta 2022

"Jadi datang ke rumah sehat untuk menjadi sehat dan lebih sehat. Dari mulai melakukan medical check up, sampai persoalan gizi, konsultasi, dan lain-lain," sebutnya.

"Jadi rumah sehat ini dirancang untuk benar-benar membuat kita berorientasi pada hidup yang sehat, bukan sekedar berorientasi untuk sembuh dari sakit," sambung dia.

Anies menambahkan, Pemprov DKI juga hendak menambah dua peran rumah sakit di Ibu Kota, yaitu promotif dan preventif. Katanya, rumah sakit kini hanya memiliki dua peran, yaitu kuratif dan rehabilitatif.

"Nah, dengan penamaan baru ini, bagi penjenamaan ini, kami berharap masyarakat pun akan memandang rumah sehat dengan cara pandang berbeda daripada memandang RS," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gubernur Anies Ganti Istilah RSUD Jadi Rumah Sehat untuk Jakarta"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru