Anies: Kenyataan ada kali yang hitam, itu yang kita terima

Selasa, 24 Juli 2018 | 21:19 WIB   Reporter: Kiki Safitri
Anies: Kenyataan ada kali yang hitam, itu yang kita terima

ILUSTRASI. Kali Item yang terletak di belakang Wisma Atlet, Kemayoran, dipasangi jaring berwarna hitam


DKI JAKARTA - JAKARTA. Jelang Asian Games,masalah kotor dan baunya Kali Item yang bersebelahan dengan wisma atlet Kemayoran mencuat. Hal ini membuat Anies murka dengan pemerintahan sebelum dirinya yang mewariskan masalah tersebut.

“Problem ini bukan problem yang munculnya bulan lalu. Ini adalah masalah yang sudah menahun dan di masa-masa lalu tidak diselesaikan,” kata Anies di Ragunan Jakarta Selatan, Selasa (24/7)

Lanjut Anies mengeluhkan terkait masalah Kali Item yang mengeluarkan aroma tidak sedap yang ke depannya akan berdampak kepada penghuni wisma atlet Kemayoran. Namun demikian, Anies menerima kenyataan ini sebagai suatu hal yang harus ia benahi segera.

“Kenyataannya ada kali yang hitam, kotor, bau. Itu kenyataan yang kita terima, bukan kita yang membuat. Itu ada di situ. Jadi, kalau dulu sudah dibersihkan, ya kita enggak nerima masalah ini. Tapi sekarang masih ada,” ungkapnya.

“Dan ini sekarang kenyataannya akan ada Asian Games bulan depan kenyataannya. Dalam satu masalah yang sudah menahun, yang tidak diselesaikan dulu-dulu. Sekarang kita terima masalah itu,” keluhnya.

Ia menuturkan bahwa Kali Item sudah sangat kotor dan bau sejak lama. Ia menyalahkan pemerintahan sebelumnya yang menurutnya tidak memperhatikan kawasan-kawasan di Jakarta yang berkontribusi pada kotornya sungai.

“Yang jangan dilupakan adalah kali itu bukan item sejak tiga bulan lalu, kali itu sudah item sejak tahun-tahun lalu. Jika yang mengelola Jakarta dulu memperhatikan ini, kita enggak punya warisan Kali Item. Ini karena dulu enggak diperhatikan, jadi kita punya warisan Kali Item. Sekarang diperhatikan,” tegasnya.

Masalah ini yang kemudian menjadi pergunjingan khalayak ramai bahkan turut disesalkan Anies. Padahal ia saat ini sedang berpikir bagaimana caranya agar saat Asian Games, kekotoran Kali Item tidak berdampak.

“Nah, ketika sekarang diperhatikan, ramai pula. Sekarang saya sampaikan kepada semua, coba dulu sekarang dibereskan,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru