Anies: Transportasi massal ditargetkan jangkau 95 persen wilayah Jakarta

Jumat, 09 November 2018 | 15:37 WIB   Reporter: kompas.com
Anies: Transportasi massal ditargetkan jangkau 95 persen wilayah Jakarta

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


TRANSPORTASI - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan transportasi massal dapat menjangkau 95 persen wilayah Jakarta. Target itu akan direalisasikan melalui program integrasi antar-moda Jak Lingko. 

"Kami ingin menjangkau semua wilayah di Jakarta. Transportasi umum di Jakarta yang massal itu jangkauannya harus di atas 95 persen," kata Anies di kawasan Pecenongan, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (9/11). 

Anies menyampaikan, transportasi massal saat ini baru menjangkau 68 persen wilayah Jakarta. Pengembangan transportasi massal, kata dia, baru dilakukan di jalan-jalan protokol dengan memperbanyak rute transjakarta serta membangun mass rapid transit (MRT) dan light rail transit (LRT). 

Sementara pengembangan transportasi massal di kampung-kampung belum dilakukan. Karena itu, Pemprov DKI Jakarta akan memperluas jangkauan transportasi massal, khususnya angkutan mikro atau angkot, hingga ke kampung-kampung. "Kalau di kampung-kampung kami bisa menjangkau, potensi pengembangan angkutan mikro ini sangat besar," kata Anies. 

Dengan adanya transportasi massal yang menjangkau kampung-kampung, integrasi di Jakarta akan terealisasi. Masyarakat tidak perlu lagi naik ojek dari rumahnya untuk mencapai moda transportasi umum. "Jadi, orang bisa naik angkot di kampung, kemudian sampai ke jalan protokol pindah ke bus. Dari bus, pindah ke LRT, MRT," ujar dia. 
Anies berharap perluasan dan integrasi transportasi umum ini mulai dijalankan tahun 2019. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Transportasi Massal Ditargetkan Jangkau 95 Persen Wilayah Jakarta"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru