kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45746,35   9,63   1.31%
  • EMAS963.000 3,44%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Anies: Usia Getih Getah hanya 6 bulan, bertahan sampai Juli Itu bonus


Jumat, 19 Juli 2019 / 17:42 WIB
Anies: Usia Getih Getah hanya 6 bulan, bertahan sampai Juli Itu bonus

Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa instalasi bambu Getih Getah di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat memang sudah waktunya dibongkar. Hal ini lantaran bahan dasar instalasi itu adalah bambu yang mempunyai masa hidup.

"Kita menggunakan material lokal bambu. Pada waktu itu malah saya katakan diperkirakan usianya enam bulan. Proyeksinya waktu itu usianya enam bulan dan Alhamdulillah dengan sekarang bisa sampai 11 bulan," ucap Anies di Balairung, Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/7).

Baca Juga: Getih Getah hanya bertahan 11 bulan, berapa usia rata-rata instalasi bambu?

Ia menegaskan bahwa karya seni itu adalah bagian dari sambutan untuk Asian Games pada 2018 lalu. Maka saat ini sudah sewajarnya untuk dibongkar seperti barang-barang Asian Games lainnya.

"Semua yang kita pasang kemarin dalam rangka menyambut Asian Games sudah dicopot beberapa bulan sesudah Asian Games. Bertahan sampai bulan Juli adalah bonus. Yang lain-lain sudah dicopot semua," kata dia.

Ia menambahkan bahwa dengan adanya instalasi bambu itu justru memberikan materi bagi petani bambu. "Dan anggaran itu ke mana perginya, perginya ke petani bambu. Uang itu diterima oleh rakyat kecil. Kalau saya memilih besi, maka itu impor dari Tiongkok mungkin besinya. Tapi kalau ini, justru Rp 550 juta itu diterima siapa? Petani bambu, pengrajin bambu," tambahnya.

Baca Juga: Apa kata warga soal pembongkaran instalasi bambu kebanggaan Anies?

Diketahui, instalasi bambu tersebut dibongkar pada Rabu (17/7) malam. Instalasi hasil karya seniman Joko Avianto itu diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Kamis (16/8) lalu.

Saat itu Anies menyampaikan keinginannya untuk membuat sebuah karya seni dari material khas Indonesia dalam rangka menyambut perhelatan Asian Games 2018. Biaya pembuatan serta pemasangan instalasi seni bambu tersebut menelan biaya hingga Rp550 juta.

Baca Juga: Instalasi bambu kebanggaan Anies di Bundaran HI senilai Rp 550 juta dibongkar

"Biaya sekitar Rp 550-an (juta) kemudian dikonsorsium oleh 10 BUMD kalau enggak salah," ucap Anies di lokasi instalasi bambu Getih Getah saat itu. (Ryana Aryadita Umasugi)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies: Usia Getih Getah Hanya 6 Bulan, Bertahan Sampai Juli Itu Bonus", 




TERBARU

Close [X]
×