Antisipasi dampak PPKM, Ganjar ajukan tambahan anggaran Rp 1 triliun

Kamis, 21 Januari 2021 | 23:14 WIB Sumber: Kompas.com
Antisipasi dampak PPKM, Ganjar ajukan tambahan anggaran Rp 1 triliun

ILUSTRASI. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) disuntik vaksin COVID-19 produksi Sinovac (CoronaVac) oleh vaksinator dokter senior spesialis penyakit dalam Zulfachmi Wahab (kanan) di RSUD Tugurejo, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (14/1/2021).

KONTAN.CO.ID - SEMARANG. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengajukan penambahan anggaran sebesar Rp 1 triliun untuk mengantisipasi dampak dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus berkomunikasi dengan pemerintah pusat terkait payung hukum persiapan anggaran tersebut.

"Kami komunikasi terus dengan pusat agar mendapatkan payung hukum, apakah kita perlu refocusing dan seterusnya. Tapi sambil menunggu aturan itu, saya sudah menyiapkan dan ketika aturan turun langsung bisa dieksekusi," kata Ganjar, Kamis (21/1). Ganjar meminta beberapa mata anggaran dilakukan penyesuaian rasionalisasi untuk mengantisipasi adanya dampak PPKM.

"Saya minta minimal Rp 1 triliun disiapkan, minimal itu. Jadi nanti bisa berkembang lagi, sambil kami memantau dampak-dampaknya. Mudah-mudahan masyarakat bisa bertahan, tapi kalau tidak, negara harus hadir membantu," sebut dia.

Baca Juga: Inilah ​daftar UMK Jateng 2021 dari yang tertinggi hingga terendah

Sekadar diketahui, pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM Jawa-Bali selama dua pekan, yakni mulai 25 Januari hingga 8 Februari mendatang. Hal ini disebabkan pemberlakuan PPKM tahap pertama belum menunjukkan hasil positif karena jumlah kasus Covid-19 terus meningkat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Antisipasi Dampak PPKM, Ganjar Ajukan Tambahan Anggaran Rp 1 Triliun.
Penulis: Kontributor Semarang, Riska Farasonalia
Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief

Baca Juga: Bisakah terapi plasma darah konvalesen diberikan untuk semua pasien corona?

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru