Antisipasi penyebaran virus cacar monyet, bandara SMB II pasang mesin pendeteksi

Selasa, 21 Mei 2019 | 18:51 WIB Sumber: Kompas.com
Antisipasi penyebaran virus cacar monyet, bandara SMB II pasang mesin pendeteksi


KESEHATAN - PALEMBANG. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang menyiapkan mesin pendeteksi tubuh atau Thermal scanner untuk melakukan pemeriksaan terhadap warga negara Indonesia maupun negara luar yang baru tiba di Palembang. 

Thermal scanner disiapkan untuk mengantisipasi penyebaran virus cacar monyet yang saat ini sedang ramai dibahas.  

Manager Of Airport Operation And Service Bandara SMB II Palembang Muhammad Syahril mengatakan, mesin tersebut akan memeriksa suhu tubuh para pengunjung yang baru tiba di Bandara SMB II Palembang. 

Jika ada pengunjung yang suhu tubuhnya mencurigakan, pihak bandara akan langsung memeriksa kesehatan warga tersebut. "Kami punya ruang isolasi. Petugas juga menggunakan alat legkap, jika memang ada penyebaran akan langsung dibawa ke rumah sakit," kata Syahril, Selasa (21/5). 

Syahril menerangkan, sebanyak enam orang petugas disiapkan untuk memeriksa para pengunjung yang baru tiba di Bandara SMB II Palembang. "Mereka dibagi-bagi ada yang di klinik. Titik thermal ada satu di dekat pintu masuk kedatangan," jelasnya. 

Sementara itu, Dokter Kantor Kesehatan Pelabuhan Palembang Wilayah kerja Bandara, dr Arya Hidayat menerangkan, virus cacar monyet atau monkeypox tersebut telah diintruksikan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Perlindungan dan Pencegahan dan Pencegahan (P2P) di bawah kementerian kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan baik di bandara ataupun di pelabuhan untuk para pengunjung yang baru datang dari luar negeri. 

Virus tersebut menurutnya, lebih cepat menyebar sehingga pencegahan sejak dini cepat dilakukan. "Dampaknya ini memang cepat, jangan sampai terjadi kejadian luar biasa. Tetapi jika seseorang memiliki imun baik, dapat sembuh dengan cepat," ujarnya. (Aji YK Putra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Antisipasi Penyebaran Virus Cacar Monyet, Bandara SMB II Pasang Mesin Pendeteksi Suhu Tubuh"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru