Arus Balik Lebaran Masih Berlangsung, Ribuan Penumpang Tinggalkan Ambon

Kamis, 12 Mei 2022 | 23:07 WIB Sumber: Kompas.com
Arus Balik Lebaran Masih Berlangsung, Ribuan Penumpang Tinggalkan Ambon

ILUSTRASI. Sejumlah buruh pelabuhan mengangkut bahan pangan ke kapal perintis di Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon, Maluku.


KONTAN.CO.ID - AMBON. Arus balik Lebaran 2022 masih terasa di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Maluku. Pada Kamis (12/5), tercatat ada tiga kapal sekaligus yang bersandar di Pelabuhan Ambon pada waktu yang hampir bersamaan.

Ketiga kapal milik PT Pelni yang bersandar dan meninggalkan Pelabuhan Ambon itu yakni KM Ngapulu, KM Dorolonda dan KM Tidar. Pantauan Kompas.com di Pelabuhan Ambon, ada ribuan penumpang yang turun dari ketiga kapal tersebut. Di saat yang bersamaan, ribuan penumpang juga bersiap meninggalkan Pelabuhan Ambon.

Banyaknya penumpang yang datang dan berangkat membuat Pelabuhan Ambon tampak sesak dengan kendaraan dan orang. Kondisi paling padat terjadi di gerbarata menuju pemeriksaan tiket oleh petugas. Antrean panjang terjadi hingga para calon penumpang berdesakan. Kondisi itu membuat para calon penumpang dan para buruh pelabuhan beberapa kali terlibat adu mulut.

Baca Juga: WFA bagi ASN Dipersiapkan, untuk Instansi Mana Saja?

Kantor Syahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon mencatat, sebanyak 3.240 penumpang yang meninggalkan Pelabuhan Ambon dengan tiga kapal tersebut.

“Sesuai data ada 3.240 penumpang yang naik ke tiga kapal meninggalkan Pelabuhan Ambon,” kata Kepala Seksi Angkutan Laut KSOP Kelas I Ambon, Sugiman.

Adapun penumpang yang turun dari tiga kapal tersebut di Pelabuhan Ambon sebanyak 1.798 penumpang. Rinciannya, penumpang yang turun dari KM Ngapulu sebanyak 144 orang, penumpang lanjutan 64, penumpang naik 254 jiwa. Penumpang yang turun dari KM Dorolonda sebanyak 1.113 orang, penumpang lanjutan 782 orang dan penumpang naik 918 orang.

Baca Juga: Konsumsi Rumah Tangga Berpotensi Naik ke Kisaran 5% di Kuartal II-2022

“Kalau KM Tidar, penumpang turun 541 orang, penumpang lanjutan 698 orang, penumpang naik 524 orang,” kata Sugiman.

Adapun KM Dorolonda meninggalkan Pelabuhan Ambon menuju Pelabuhan Ternate, KM Ngapulu bertolak menuju Pelabuhan Banda Neira, Maluku Tengah, dan KM Tidar tujuan Makassar Sulawesi Selatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Arus Balik Lebaran Masih Berlangsung, 3 Kapal Sandar, Ribuan Penumpang Tinggalkan Ambon.
Penulis: Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty
Editor: Andi Hartik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru