Arus Balik Mulai Ramai, One Way Diterapkan Mulai Pukul 11.00 WIB dari Tol Palimanan

Kamis, 05 Mei 2022 | 10:21 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Arus Balik Mulai Ramai, One Way Diterapkan Mulai Pukul 11.00 WIB dari Tol Palimanan

ILUSTRASI. rekayasa lalu lintas satu arah (one way)


MUDIK LEBARAN - JAKARTA. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian RI akan menerapkan rekayasa lalu lintas one way atau satu arah pada hari ini (5/5). Rekayasa lalu lintas itu akan dilakukan mulai pukul 11.00 WIB hingga 24.00 WIB dari GT (Gerbang Tol) Palimanan utama km 188 hingga km 72 Cikampek dan dilanjutkan contra flow hingga tol Jakarta Cikampek km 47.

Hal ini ditujukan untuk keamanan dan keselamatan serta kelancaran arus balik. Selain itu dari keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, untuk kendaraan yang akan mengarah ke Bandung dan Cikampek diberikan relaksasi 1 lajur.

"Apabila kepadatan arus lalu lintas mulai berkurang maka pelaksanaan rekayasa one way akan diakhiri lebih cepat dari jadwal yang sudah ada," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Irjen Pol Firman S dalam rilis yang dikutip Kontan.co.id.

Lebih lanjut, disebutkan jika kepadatan semakin meningkat melebihi batas maksimal maka rekayasa lalu lintas one way akan ditingkatkan dari GT Palimanan Utama km 188 hingga tol Jakarta Cikampek km 47 (tanpa relaksasi) dan diperpanjang waktunya.

Baca Juga: Simak Rincian Rekayasa One Way dari Tol Palimanan Utama Hingga Tol Cikampek

Adapun mekanisme sebelum pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way akan dilaksanakan sterilisasi atau pembersihan baik pada jalur maupun rest area selama 2 jam sebelum pelaksanaan rekayasa lalin one way atau pukul 09.00 WIB. Kemudian setelahnya rekayasa lalu one way akan dimulai pukul 11.00 WIB.

Kemudian, mekanisme setelah pelaksanaan one way pukul 24.00 WIB akan dilakukan normalisasi baik pada jalur maupun pada rest area selama 2 jam setelah pelaksanaan one way atau pukul 02.00 WIB dini hari, dimana setelahnya jalur akan dibuka secara normal.

Keputusan rekayasa lalu lintas tersebut dilakukan, berdasarkan hasil koordinasi dengan PT Jasa Marga bahwa ruas Tol Cipali tidak bisa menampung kepadatan arus lalin baik pada jalur A dan B dengan volume capacity ratio (VCR) sebesar 1,19.

Baca Juga: Jasa Marga: Ada 269.444 Kendaraan Kembali ke Jabotabek pada 8 Mei 2022

Selain itu, berdasarkan data arus lalu lintas Rabu (4/5) dari pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB, kendaraan yang telah melewati ruas jalan Tol Cipali mengalami tren peningkatan.

"Berdasarkan pemantauan melalui CCTV baik yang ada di NTMC dan command Center PJR serta peta digital terlihat adanya peningkatan pergerakan arus lalin dari timur menuju ke arah barat," paparnya.

Demikian juga berdasarkan pantauan anggota di lapangan baik dari Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Barat dan Korlantas arus lalu lintas mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru