Simak Rincian Rekayasa One Way dari Tol Palimanan Utama Hingga Tol Cikampek

Kamis, 05 Mei 2022 | 07:35 WIB   Reporter: Anna Suci Perwitasari
Simak Rincian Rekayasa One Way dari Tol Palimanan Utama Hingga Tol Cikampek


LALU LINTAS - JAKARTA. Kepadatan arus lalu lintas kembali terjadi di sejumlah ruas jalan tol. Hal ini membuat Kepolisian berencana melakukan rekayasa lalu lintas satu arah atawa one way dari gerbang tol Palimanan Km 188 hingga tol Jakarta Cikampek Km 47.

Menurut Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Irjen Pol Firman S, pelaksanaan one way dilajukan pada hari ini (5/5) mulai pukul 11.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Lebih lanjut Firman menjelaskan, keputusan melakukan rekayasa lalu lintas dilakukan karena hasil koordinasi dengan steakholder terkait dan PT Jasa Marga, yang menyebut ruas tol Cipali tidak bisa menampung kepadatan arus lalin baik pada jalur A dan B dengan VCR (volume capacity ratio) sebesar 1,19.

Berdasarkan data arus lalu lintas pada Rabu (4/5) sejak pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB, kendaraan yang telah melewati ruas jalan tol Cipali mengalami tren peningkatan.

"Berdasarkan pemantauan melalui CCTV baik yg ada di Ntmc dan command Center PJR serta peta digital terlihat adanya peningkatan pergerakan arus lalin dari timur menuju ke arah barat," kata Firman dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, hari ini (5/5).

Baca Juga: 5 Rute Alternatif Jakarta-Bandung Saat One Way Arus Balik Lebaran Diterapkan

Selain itu, berdasarkan pantauan anggota Kepolisian di lapangan, baik dari Polda Jateng, Polda Jabar dan Korlantas, arus lalu lintas mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya.

Mendasari hal tersebut, maka demi keamanan dan keselamatan serta kelancaran arus balik, Kepolisian akan diberlakukan rekayasa lalu lintas one way, sebagai berikut:

  1. One way akan diberlakukan pada hari Kamis (5/5) pukul 11.00 WIB hingga 24.00 WIB, dimulai dari gerbang tol Palimanan utama km 188 hingga km 72 Cikampek, dilanjutkan contra flow hingga tol Jakarta Cikampek km 47
  2. Kendaraan yang akan mengarah ke Bandung dan Cikampek diberikan relaksasi 1 lajur
  3. Apabila kepadatan arus lalin mulai berkurang maka pelaksanaan rekayasa one way akan diakhiri lebih cepat dari jadwal yang sudah ada, namun apabila kepadatan semakin meningkat melebihi batas maksimal maka rekayasa lalu lintas one way akan ditingkatkan dari GT Palimanan Utama km 188 hingga tol Jakarta Cikampek km 47 (tanpa relaksasi) dan diperpanjang waktunya.
  4. Mekanisme sebelum pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way akan dilaksanakan sterilisasi atau pembersihan, baik pada jalur maupun rest area, selama 2 jam sebelum pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way yakni pada pukul 09.00 WIB, setelah itu rekayasa lalin one way akan dimulai pukul 11.00 WIB
  5. Mekanisme setelah pelaksanaan one way pukul 24.00 WIB akan dilakukan normalisasi baik pada jalur maupun pada rest area selama 2 jam setelah pelaksanaan one way atau pukul 02.00 WIB setelah itu jalur akan dibuka secara normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru