Bagi Alat Pertanian & Perikanan, Ketua Majelis Syuro PKS: Impor Pangan Ancam Petani

Senin, 28 Maret 2022 | 22:06 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Bagi Alat Pertanian &  Perikanan, Ketua Majelis Syuro PKS: Impor Pangan Ancam Petani

ILUSTRASI. Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Al Jufri


POLITIK -  JAKARTA. Ketua Majelis Syura PKS, Salim Segaf Al-Jufri membagikan sejumlah bantuan alat pertanian, peternakan dan perikanan kepada sejumlah petani, peternak dan nelayan di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Salim juga melakukan program bedah rumah. Sekurangnya 193 rumah tidak layak mendapat bantuan program bedah rumah dari PKS. 

Salim menyebut Indonesia adalah negara yang dianugerahi dengan kekayaan alam agraria dan maritim yang luar biasa. Negeri ini pada masanya juga pernah berdiri di atas kaki sendiri dalam mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. 

Namun, papar Salim, hari-hari ini Kedaulatan Pangan di Indonesia hanya sekadar angan semata. Berbagai impor bahan pangan silih berganti membanjiri yang membuat kesejahteraan petani, peternak dan nelayan terancam. 

Baca Juga: Salim Segaf ingatkan Hendropriyono jangan membuat keresahan

"Bantuan alat pertanian, peternakan dan kapal bagi nelayan ini adalah komitmen PKS untuk mengembalikan kedaulatan pangan Republik ini. PKS pernah mengirimkan putra terbaik sebagai Menteri Pertanian dan berhasil melakukan swasembada beras. Kini impor beras deras masuk justru pada saat petani kita panen, kedaulatan pangan kita terancam," sebut Salim dalam siaran pers, Senin (28/3).

Salim menyebut bantuan yang ia berikan berupa mesin pengolah hasil panen padi, program budidaya lele sistem bioflok, alat pengemasan olahan pangan, handselae dan vacum sealer. 

"Bantuan ini untuk meningkatkan produktivitas petani dan peternak kita sekaligus meningkatkan nilai tambah hasil produksinya. Lewat nilai tambah dengan menjadikan bahan olahan maka kita berharap kesejahteraan petani dan peternak akan meningkat," ungkap Salim.

Baca Juga: Mitigasi risiko kegaduhan politik

Mantan Menteri Sosial ini juga memberikan bantuan kapal nelayan lengkap beserta mesinnya kepada nelayan di NTB. Ia menyebut bantuan kapal akan meningkatkan hasil tangkapan nelayan dan mendukung sektor perikanan di NTB. 

"Petani kita, peternak kita dan nelayan kita harus dan wajib sejahtera. Kedaulatan pangan harus kita rebut kembali. InsyaAlllah bersama PKS kita akan wujudkan itu," sebut Salim.

Sementara program bedah rumah juga dilakukan meneruskan apa yang dulu Salim lakukan saat menjadi menteri sosial. Meski berada di luar Pemerintah, Salim menyebut komitmen PKS sebagai partai pelayanan rakyat menjadi dasar dalam program bedah rumah ini. 

"Baik dulu di pemerintahan maupun sekarang di luar pemerintahan, rakyat masih butuh bantuan. Program bedah rumah ini kita harapkan ada peningkatan taraf hidup masyarakat bukan hanya banguanannya tapi kota bantu perabotan dan perbaikan MCK sebagai sarana sanitasi yang sehat," sebut Salim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru