Bakal ada angkot modern bagi warga DKI Jakarta, dari Suzuki, seperti apa?

Selasa, 01 Juni 2021 | 05:55 WIB Sumber: Kompas.com
Bakal ada angkot modern bagi warga DKI Jakarta, dari Suzuki, seperti apa?

ILUSTRASI. Petugas menunjukan kartu Jak Lingko di Stasiun Tanah Abang, Jakarta. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/kye.


TRANSPORTASI - JAKARTA. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama JakLingko berupaya untuk menghadirkan transportasi umum berupa angkutan kota (angkot) yang lebih nyaman bagi penumpang melalui fasilitas air conditioner (AC). 

Langkah ini dilakukan sebagai upaya membangun kepercayaan dan kenyamanan pengguna angkot. Apalagi, berdasarkan data Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, terjadi penurunan harian penumpang angkot yang signifikan, yakni 58,44%. 

Donny Saputra, Direktur Pemasaran Roda Empat PT SIS, mengatakan, program angkot AC merupakan lanjutan dan upgrade dari program angkot reguler yang ada di JakLingko saat ini. 

"Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakata mencanangkan program ankot AC agar meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang karena didukung teknologi yang lebih mutakhir, seperti AC double-blower, GPS, LED Trayek, dan CCTV. Program ini merupakan salah sat bagian dari program integrasi transportasi di DKI," ucap Donny dalam keterangan resminya, Senin (31/5/2021). 

Baca Juga: Kabar baik, sistem pembayaran transportasi Jakarta akan terintegrasi mulai 2021

Program angkot AC yang menggunakan unit Suzuki Carry ini melibatkan Dishub DKI dan PT Transjakarta. Ditargetkan armada angkot AC ini akan mulai beroperasi pada semester kedua 2021. Untuk itu, program angkot AC sedang disiapkan agar dapat menunjang mobilisasi masyarakat dengan maksimal. 

Kegiatan show & trial unit sudah dilaksanakan pada 14 April 2021 yang dihadiri sejumlah instansi terkait. Nantinya, semua pihak yang terlibat dalam program angkot AC ini berharap semua unit pada semua trayek menggunakan fasilitas yang sama, yakni pendingin udara. 

 

Keberadaan AC dan fitur cangih seperti pintu otomatis, smart navigation, dan CCTV juga diharapkan dapat menarik kembali minta pengguna angkot di DKI. Namun, selama pandemi, operasional angkot sendiri tetap mengikuti aturan yang berlaku dengan adanya pembatasan jumlah penumpang dan melakukan disinfeksi unit. 

Donny mengatakan, Suzuki berharap kerja sama yang baik dengan JakLingko serta semua pihak yang terlibat dapat membuahkan hasil yang baik juga. 

Baca Juga: JakLingko Bank DKI bisa top up lewat JakOne Mobile

"Kami menghadirkan program angkot AC ini memang bertujuan untuk mengutamakan kenyamanan penumpang dan menarik kembali minat pengguna setelah sempat mengalami penurunan persentase pengguna karena dampak pandemi Covid-19 lalu," kata Donny.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Suzuki Siapkan Armada Angkot Modern bagi Warga DKI"

Editor : Stanly Ravel

 

Selanjutnya: Gandeng tempat wisata, Bank DKI geber transaksi nontunai di DKI Jakarta

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru