Bangun hotel bintang 5 di TIM, Anies samakan dengan Wisma Atlet Senayan

Selasa, 26 November 2019 | 10:30 WIB Sumber: Kompas.com
Bangun hotel bintang 5 di TIM, Anies samakan dengan Wisma Atlet Senayan

ILUSTRASI. Pekerja menyelesaikan pembangunan revitalisasi kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jakarta, Senin (25/11/2019). Proyek revitalisasi TIM yang digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tersebut mendapat penolakan dari sejumlah pelaku seni yang ada di Ja


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, pembangunan hotel bintang lima atau wisma seniman di dalam Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini, Jakarta Pusat, sama dengan pembangunan wisma atlet di Senayan. 

Tujuannya agar seniman yang datang dari luar kota dan negeri bisa menginap di dalam kawasan TIM ketika ada pameran maupun kegiatan. 

Baca Juga: Soal pembobolan ATM oleh Satpol PP, Polisi: Belum ada keterlibatan pihak Bank DKI

"Dengan adanya wisma, sama seperti wisma atlet kalau di Senayan. Untuk siapa? Tentu atlet yang berkegiatan di Senayan. Ini pun ada wisma seniman, wisma dimana para seniman bisa berada disana selama 24 jam dari seluruh dunia dari seluruh Indonesia," ucap Anies di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (25/11) malam. 

Anies pun meminta agar publik tidak menilai bahwa pembangunan hotel itu dengan tujuan komersil untuk mendapatkan keuntungan. "Ini justru untuk menampung agar seniman-seniman yang datang itu tinggalnya berada di dalam satu ekosistem. Ini yang kita dorong," kata Anies. 

Anies menambahkan bahwa saat ini Pemprov DKI memisahkan Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan agar orientasi usaha atau komersil tidak digabung dengan kegiatan pariwisata. 

"Jadi Jakarta itu itu justru sekarang memisahkan Dinas Kebudayaan dengan Dinas Pariwisata karena visinya adalah kegiatan kebudayaan itu tidak untuk komersial, jadi ini bukan lisan, dibuktikan loh," lanjutnya. Sebagai informasi, revitalisasi TIM memakan biaya hingga Rp 1,8 triliun. 

Revitalisasi tersebut akan menggunakan penyertaan modal daerah (PMD) Jakpro yang telah masuk dalam APBD DKI Jakarta. Pada APBD 2019 juga telah disetujui sebesar Rp 200 miliar. 

Baca Juga: BMKG: Hari ini hujan lebat berpotensi terjadi di Jawa Barat dan 16 provinsi lain

Uang Rp 200 miliar itu akan digunakan untuk merevitalisasi bagian depan hingga tengah TIM. Dalam pembangunan tahap pertama ini, Jakpro berencana membangun fasilitas baru seperti hotel, pusat kuliner, dan galeri seni. 

Pembangunan hotel pun mendapat penolakan dari seniman dan budayawan karena dianggap mengubah orientasi TIM dari pusat kebudayaan menjadi tempat bisnis. (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bangun Hotel Bintang 5 di TIM, Anies Samakan dengan Wisma Atlet Senayan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru