Jawa Barat

Banjir di Karawang meluas, merendam 24 desa

Sabtu, 20 Februari 2021 | 13:11 WIB Sumber: Kompas.com
Banjir di Karawang meluas, merendam 24 desa

ILUSTRASI. Petani membawa padi yang terendam banjir di areal persawahan desa Amansari, Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.


KONTAN.CO.ID - KARAWANG. Banjir di Karawang kembali meluas hingga 24 desa di 12 kecamatan. Banjir terjadi setelah sejumlah sungai meluap.

"Banjir sudah meluas," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Karawang Yasib Nasrudin kepada Kompas.com, Sabtu (20/2). Yasin menyebut bahkan rumahnya juga turut kebanjiran. Juga rumah Pelaksana Bupati Karawang Acep Jamhuri di Perum Pemda.

Berdasarkan data BPBD Karawang hingga Jumat (19/2) petang banjir melanda 24 desa di 12 kecamatan di Karawang. Namun hujan deras terus berlangsung hingga Sabtu siang ini.

Sejumlah sungai yang meluap yakni Sungai Citarum, Sungai Cikereteg, Sungai Cibeet, dan Sungai Cikaranggelam. Bahkan akses menuju Loji, Pangkalan terendam.

Baca Juga: Anies: 200 RT di Jakarta terdampak banjir

Yazid, warga Perumahan Karaba, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur menyebut tinggi air di rumahnya sudah mencapai 40 cm. Perumahan Karaba, kata dia, memang langganan banjir.

"Tadi malam sungai dari Sungai Cikalapa sudah surut. Tetapi sekarang dari Sungai Citarum naik lagi," kata Yazid.

Yusuf Tonjiri warga Desa Mekarmulya mengaku ini kedua kalinya banjir sampai ke rumahnya dalam beberapa tahun terakhir. Biasanya, kata dia, banjir hanya merendam rumah-rumah yang jaraknya dekat dengan Sungai Cibeet. "Ini yang kedua kali. Tahun terakhir itu sekitar Tahun 2014," kata Yusuf.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Banjir di Karawang Kembali Meluas, Rendam 24 Desa, Rumah Plt Bupati Ikut Kebanjiran.
Penulis: Kontributor Karawang, Farida Farhan
Editor: Aprillia Ika

Baca Juga: Jangan nekat, ini batas aman sepeda motor terobos banjir

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru