Bappenas pilih desa Sari Bima percontohan BUM Desa

Jumat, 13 Mei 2016 | 20:41 WIB Sumber: Antara
Bappenas pilih desa Sari Bima percontohan BUM Desa


MATARAM. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menetapkan Desa Sari, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, sebagai percontohan pengelolaan badan usaha milik desa air minum karena karakter masyarakat yang masih memegang tinggi sifat gotong-royong.

Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, melalui rilis yang diterima ANTARA di Mataram, Jumat (13/5), mengatakan pemilihan Desa Sari, Kecamatan Sape, sebagai lokasi aplikasi praktik cerdas badan usaha milik desa (BUMDes) pengelolaan air bersih dilakukan berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Kami senang dan bangga dengan kepercayaan yang berikan. Dengan demikian, Desa Sari menjadi motivasi bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Bima dalam inovasi pengelolaan potensi di desa," katanya.

Ia mengatakan, Bappenas bekerja sama dengan AusAid, telah melatih 30 orang dari Desa Sari dan beberapa perwakilan dari satuan kerja perangkat daerah tentang replikasi praktek cerdas pengelolaan air bersih.

Kegiatan loka latih tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan serta kompetensi para pengelola BUMDes pengelolaan air bersih di Desa Sari.

Hadir juga dalam pelatihan itu sejumlah lembaga mitra, seperti United Cities Local Government Asia Pasific (UCLG Aspac), Lembaga BAKTI, dan tim dari praktik cerdas pengelolaan air minum Desa Lendang Nangka, Kabupaten Lombok Timur (BUMDes LENTERA).

Menurut Indah, apa yang direplikasi di Desa Sari merupakan kebutuhan dasar masyarakat dan juga menjadi prioritas pembangunan daerah.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Bima berkomitmen untuk mendukung dan terus memfasilitasi program tersebut, sehingga berhasil dengan baik.

"Kami akan terus memberikan dukunga, tentunya sesuai dengan kemampuan yang ada," ujarnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bima Indrajaya, menambahkan loka latih tentang replikasi praktek cerdas pengelolaan air bersih merupakan tindak lanjut pelatihan yang sama di Desa Lendang Nangka kabupaten Lombok Timur.

"Kegiatan itu bertujuan memberikan pemahaman dan gambaran tentang keberhasilan Desa Lendang Nangka yang telah membentuk BUMDes pengelolaan air minum yang juga dikembangkan di Desa Sari," katanya.

Pemkab Bima bersama dengan lembaga mitra, kata dia, berharap Desa Sari akan menjadi pioner bagi desa lainnya dalam pendirian BUMDes yang selaras dengan amanat Undang-Undang tentang Desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan

Terbaru