Belum memiliki e-KTP, 6.065 warga Luwu terancam tak bisa ikut Pemilu 2019

Sabtu, 12 Januari 2019 | 10:49 WIB   Reporter: kompas.com
Belum memiliki e-KTP, 6.065 warga Luwu terancam tak bisa ikut Pemilu 2019


PEMILU 2019 - LUWU-PALOPO. Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu) Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, menemukan sebanyak 6.065 warga di kabupaten Luwu belum melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP). 

Ketua Bawaslu Luwu, Abdul Latif Idris, mengatakan bahwa temuan tersebut berdasarkan data KPU Luwu. “Sesuai data KPU Luwu, masih ada 6.065 warga yang belum melakukan perekaman KTP elektronik. Kami sudah melakukan koordinasi dengan KPU untuk mendorong hal ini,” kata , Abdul, Sabtu (12/1). 

Selain itu, Bawaslu Luwu juga melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Disdukcapil) untuk memastikan hal ini. "Kami sudah layangkan surat ke Disdukcapil Luwu untuk memastikan hal, dan persoalan tersebut harus tuntas hingga 17 April mendatang," jelasnya. 

"Karena jika hingga 17 April mendatang warga tersebut belum melakukan perekaman, maka 6.065 warga tersebut akan kehilangan hak pilih pada Pemilu 2019, dimana, syarat untuk menyalurkan hak pilih salah satunya adalah ber KTP elektronik,” Abdul melanjutkan. 

Ketua KPU Luwu Hasan Sufyan mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali berkoordinasi dengan Disdukcapil terkait permasalahan tersebut. “Kami sudah dorong di Disdukcapil Luwu agar segera melakukan penjemputan bola atau perekaman eKTP, khususnya pemilih pemula, dan kami harap pihak Disdukcapil segera melaksanakan rekomendasi tersebut,” ucapnya. 

Kepala Dusdukcapil Luwu, Hasman Revo Jano saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan perekaman e-KTP. “Terkait temuan tersebut kami di Disdukcapil Luwu tetap melakukan perekaman data e-KTP, dan prosesnya tetap berlangsung seperti biasanya, tentang data tersebut kami tetap melakukan rekomendasi, nanti akan kami lakukan kembali pencocokan data,” tuturnya. (Amran Amir)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belum Punya E-KTP, 6.065 Warga Luwu Terancam Tak Bisa Ikut Pemilu 2019"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru