Berikut empat rute Transjakarta yang beroperasi di sekitar skybridge Tanah Abang

Jumat, 07 Desember 2018 | 10:22 WIB Sumber: Kompas.com
Berikut empat rute Transjakarta yang beroperasi di sekitar skybridge Tanah Abang


TRANSJAKARTA - JAKARTA. Sebanyak empat rute transjakarta akan dioperasikan di sekitar jembatan penyeberangan multiguna (JPM) atau skybridge Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan mengatakan, bus transjakarta akan berhenti di halte-halte yang telah dibangun untuk menunjang pengoperasian skybridge. 

Salah satu fungsi skybridge adalah menciptakan integrasi antar-moda untuk mengatasi kesemrawutan yang selama ini terjadi di Tanah Abang. 

"Sebagai salah satu tujuan dari pembangunan JPM ini adalah menciptakan integrasi antar-moda transportasi di Stasiun Tanah Abang," kata Yoory melalui pesan singkat, Jumat (7/12). 

Dua dari empat rute tersebut yaitu rute 5F trayek Kampung Melayu-Tanah Abang dan rute 8C trayek Iskandar Muda-Tanah Abang. Dua rute tersebut akan melalui Jalan Kebon Jati-belakang Blok G Tanah Abang-Jalan Jatibaru Raya (di bawah skybridge), berhenti di Halte Jatibaru Raya dan Halte Jatibaru bengkel, kemudian melewati flyover Cideng, Hotel Millennium-Jalan Fachrudin. 

Dua rute lainnya yakni rute 1H trayek Tanah Abang-Gondangdia dan rute bus GR2 Tanah Abang Explorer. 

Hari ini, pengoperasian skybridge Tanah Abang mulai diuji coba. Uji coba dilakukan selama sepekan, mulai pukul 07.00 sampai 18.00 WIB. 

Uji coba itu dilakukan untuk melihat pergerakan masyarakat di skybridge dan pergerakan angkutan umum, transjakarta dan mikrolet, yang beroperasi di bawah skybridge tersebut. 

"Tujuan utama dari penataan ini yaitu perubahan perilaku penumpang, pengunjung dan pedagang untuk tertib ketika berada di kawasan Tanah Abang," kata Yoory. (Nursita Sari) 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "4 Rute Transjakarta Dioperasikan di Sekitar Skybridge Tanah Abang"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru