Besok, bus Trans Lampung mulai beroperasi

Selasa, 09 Agustus 2016 | 11:42 WIB Sumber: Antara
Besok, bus Trans Lampung mulai beroperasi


BANDARLAMPUNG. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung segera meluncurkan Bus Trans Lampung untuk melayani sejumlah rute di daerah itu.

"Rencananya bus akan mulai beroperasi 10 Agustus 2016 yang akan cukup membantu masyarakat Lampung dalam memenuhi transportasi," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Lampung, Bayana di Bandarlampung, Selasa (9/8).

Ia menyebutkan, meski hanya diluncurkan tiga rute utama, namun rute yang dilalui merupakan rute-rute umum tujuan masyarakat, sehingga bisa menjadi pilihan ke depannya apalagi tarifnya cukup murah.

Bus Trans Lampung dikelola oleh BUMD Lampung, PT Lampung Jasa Utama, di bawah koordinasi Dinas Perhubungan Provinsi Lampung. Bus tersebut merupakan bantuan Kementerian Perhubungan kepada Pemprov Lampung.

"Keaktifan pemprov berkoordinasi dan menjemput program-program pemerintah pusat membawa hasil Provinsi Lampung mendapatkan cukup banyak bus dari Kemenhub yang kini akan disosialisasikan menjadi Bus Trans Lampung," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo telah mengecek langsung fasilitas bus tersebut saat akan berlangsungnya arus mudik. Bus jenis itu sempat digunakan sebagai bantuan antisipasi lonjakan pemudik Lebaran 2016 lalu.

Gubernur menilai bus itu cukup nyaman dan diharapkan mampu menjadi pilihan masyarakat Lampung ke depannya.

Rute yang dilayani bus Trans Lampung, yakni rute Universitas Lampung-Jl Soekarno Hatta-Universitas Terbuka-Bundaran Tugu Raden Intan-Poltekkes-Politeknik-Wisma Haji-Jl Soekarno Hatta-Terusan Jl Sultan Agung (M Ryacudu)-Institut Teknologi Sumatera (Itera)-Kota Baru (pulang pergi).

Untuk rute Unila-Itera hanya dikenakan tarif Rp4.000, jalur lintas kampus ini juga ada harga khusus untuk mahasiswa dengan menunjukan kartu tanda mahasiswa.

Kemudian, rute Bandara Raden Inten II- Kota Bandarlampung, dengan rute Halte Graha Wangsa-Jl Laks Malahayati-Jl Gatot Subroto-Jl Jend Sudirman-Jl.Ahmad Yani-Jl Kartini/Jl Raden Intan-Stasiun Tanjung Karang-Jl Teuku Umar-Jl ZA Pagar Alam-Jl Raya Natar- Bandara Raden Inten II (PP). Untuk rute ini dikenakan tarif Rp20.000 per orang untuk satu kali jalan.

Selanjutnya, Bandara Raden Inten II- Pringsewu, dengan rute Pringsewu Halte Pendopo-Tataan (Pesawaran)-Jl Raden Gunawan-(BLPP)-Bundaran Tugu Raden Intan-Jl Raya Natar-Bandara Raden Intan II (PP). Rute ini dikenakan tarif Rp30.000 per orang untuk satu kali tujuan.

Pemprov Lampung menjamin kenyamanan, keamanan, kebersihan Bus Trans Lampung ini, dan dinilai akan lebih hemat dengan menaiki bus itu dengan rute-rute tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru