BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi DKI Jakarta Tembus 6% di 2022

Selasa, 28 Juni 2022 | 10:30 WIB   Reporter: Bidara Pink
BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi DKI Jakarta Tembus 6% di 2022

ILUSTRASI. Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko


PERTUMBUHAN EKONOMI - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) Kantor Wilayah DKI Jakarta optimistis pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta bisa tembus 6% di tahun 2022. Dimana, kisaran pertumbuhan ekonomi di wilayah Ibu Kota tersebut ada dalam rentang 5,3% hingga 6,1%.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko mengatakan, perkiraan ini memang lebih tinggi dari capaian pertumbuhan pada tahun 2021. Asal tahu saja, ekonomi DKI Jakarta hanya tumbuh 3,56% di tahun 2021.

Kenaikan pertumbuhan ekonomi di tahun ini didukung dengan mulai meningkatnya aktivitas masyarakat di DKI Jakarta pasca melandai-nya pandemi Covid-19.

“Setelah kami lihat, aktivitas di Jakarta mulai tinggi karena mereda-nya jumlah kasus Covid-19 dan sekarang pun Jakarta sudah memiliki event-event yang banyak dan bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru,” kata Onny dalam Seminar Ekonomi dan Bisnis, Selasa (28/6).

Baca Juga: Pengusaha Optimistis Ekonomi RI Tumbuh 5,9% di 2023, Asalkan Pemerintah Lakukan Ini

Selain itu, optimisme Onny juga berdasarkan kondisi kesehatan yang sudah mulai membaik, serta akselerasi program vaksinasi ketiga (booster) di DKI Jakarta yang makin menambah ketahanan kesehatan di ibu kota.

Sejalan dengan itu, Onny meyakini inflasi pada DKI Jakarta akan tetap berada di kisaran sasaran BI yang sebesar 3% plus minus 1% untuk tahun ini. Meski, inflasi tersebut akan lebih tinggi dari inflasi tahun 2021 yang hanya 1,53%.

Menurut Onny, meningkatnya inflasi disebabkan oleh tekanan yang datang dari peningkatan harga pangan dan energi global serta masih berlanjutnya tensi geopolitik antara Rusia dan Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru