Bos Otorita Beberkan Taget Investasi IKN Hingga Proyek Groundbreaking Awal 2024

Senin, 29 Januari 2024 | 15:54 WIB   Reporter: Leni Wandira
Bos Otorita Beberkan Taget Investasi IKN Hingga Proyek Groundbreaking Awal 2024

ILUSTRASI. Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menargetkan investasi yang akan masuk ke IKN Nusantara pada 2024 mencapai Rp100 triliun


IKN NUSANTARA-JAKARTA. Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menargetkan investasi yang akan masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 2024 mencapai Rp100 triliun. 

Kepala OIKN Bambang Susantono mengungkapkan jika investasi tersebut datang dari publik dan swasta. Total investasi yang masuk hingga Januari 2024 sebesar Rp47,5 triliun. 

"Target 2024 Rp100 triliun investasi. Yang investasi bisa publik dan swasta, publik itu contohnya ada BUMN juga yang akan investasi kemudian ada lembaga yang nonpemerintah," kata Bambang Sudantono dalam keterangan resminya, Senin (29/1).

Baca Juga: Bandara IKN Ditargetkan Uji Coba pada Juli 2024

Bambang bilang, investasi lembaga pemerintah itu di antaranya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Bank Indonesia. 

Lebih lanjut, BI sudah melakukan groundbreaking pada tahap 3 akhir 2023 dan LPS groundbreaking pada tahap 4 awal tahun ini. Adapun hingga saat ini, investasi dari perusahaan swasta telah mencapai Rp35,9 triliun. 

"Hampir Rp36 triliun yang sudah di-groundbreaking dan sekarang sedang berproses," ujar dia.

Proyek Groundbreaking Tahap 5 IKN

Di sisi lain, dia juga memberikan bocoran terkait proyek baru yang akan masuk, yaitu pembangunan kantor PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. di IKN dalam waktu dekat. 

"Mudah-mudahan insyaallah yang kita lihat pada groundbreaking mendatang kan BI sudah groundbreaking, LPS sudah, OJK yang belum kan kemudian juga nanti beberapa bank termasuk saya mohon maaf sudah membocorkan Mandiri," sambungnya.

Baca Juga: IKN Dibangun dengan Konsep Green City, Ini Penjelasannya

Kata dia, groundbreaking proyek investasi IKN pada Februari 2024 juga akan diikuti oleh pembangunan proyek hunian hingga balai pertemuan atau convention center.

Adapun sejumlah perbankan siap melakukan groundbreaking pada Februari mendatang, jika mengutip laporan Badan Otorita IKN. Beberapa di antaranya yakni Bank Mandiri dan Bank BCA yang akan membangun kantor di IKN. 

Ada juga, pembangunan convention center akan dilakukan oleh Royal Golden Eagle Group. Sedangkan untuk pembangunan sektor logistic hub, rencananya akan dilakukan oleh Sinar Primera Group yang membangun kawasan pergudangan di IKN. 

Bahkan, Ciputra Group juga rencananya juga akan melakukan peletakan batu pertama proyek di IKN pada Februari mendatang untuk membangun hunian hijau, hotel, dan lapangan golf. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru