Makin Berdetak, Beberapa Proyek di IKN Akan Ground Breaking, Awal November

Kamis, 05 Oktober 2023 | 06:03 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Makin Berdetak, Beberapa Proyek di IKN Akan Ground Breaking, Awal November

ILUSTRASI. Progres pembangunan gedung di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023).


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Proyek pembangunan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) kian menggeliat. Sejumlah proyek di IKN akan memulai ground breaking.

Deputi Pembiayaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Agung Wicaksono menyampaikan, awal bulan November akan ada ground breaking beberapa proyek lagi di IKN.

Ini menyusul arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta agar setiap bulan dilakukan prosesi peletakan batu pertama atau ground breaking untuk berbagai proyek di IKN. Dengan adanya berbagai peletakan batu pertama tersebut, diharapkan menjadi motor percepatan pembangunan IKN.

Agung mengungkapkan, bulan depan akan ada peletakan batu pertama proyek rumah sakit, hotel, juga kemungkinan sekolah dan lembaga pemerintah di IKN.

"Intinya adalah yang akan membuat sebuah ekosistem kota pada prinsipnya menjadi tempat to work, to live dan to play," kata Agung kepada Kontan.co.id, Rabu (4/10).

Baca Juga: Bandara VVIP IKN Mulai Lelang, Menteri PUPR: Awal November Ground Breaking

Sayangnya, Agung belum dapat memberi bocoran siapa saja perusahaan yang akan menyusul untuk melakukan ground breaking di IKN.

Mengenai arahan presiden agar mendahulukan investor domestik, Agung menyebut, memang sejauh ini investor domestik yabg bergerak lebih dulu dalam realisasi investasi.

Adapun jumlah LOI dari investor domestik sendiri hampir 60% atau 160 lebih dari hampir 290 LOI.

"(Investor domestik paling banyak) wwasta. Untuk BUMN diawali Pertamina dengan MOU dan PLN yang membangun kelistrikan energi terbarukan tahap pertama di 2024. Next nya untuk perkantoran," kata Agung.

Baca Juga: Mayapada Group Berkomitmen Gelontorkan Rp 500 Miliar Bangun Rumah Sakit di IKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru