BPBD DKI Sebut Banjir yang Merendam Jakarta Sudah Surut

Sabtu, 11 Februari 2023 | 18:03 WIB Sumber: Kompas.com
BPBD DKI Sebut Banjir yang Merendam Jakarta Sudah Surut

ILUSTRASI. BPBD DKI Jakarta mengatakan banjir yang merendam Ibu Kota, telah surut seluruhnya pada Sabtu (11/2) sore.


BANJIR - JAKARTA. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengatakan banjir yang sebelumnya merendam Ibu Kota, telah surut seluruhnya pada Sabtu (11/2) sore. Data tersebut merupakan perkembangan informasi terbaru hingga pukul 14.15 WIB.

Sebelumnya, ada empat lingkungan rukun tetangga (RT) yang terendam banjir hingga Sabtu siang. "BPBD mencatat hingga Sabtu (11/02) pukul 14.15 WIB, seluruh genangan di wilayah DKI Jakarta sudah surut," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Moh Insaf dalam keterangannya, Sabtu.

Menurut Insaf, surutnya banjir di Ibu Kota terjadi usai BPBD DKI mengerahkan pompa penyedot air. Kendati banjir telah surut, Insaf mengimbau warga agar tetap berhati-hati terhadap potensi genangan.

Baca Juga: Potensi Tanah Longsor di DKI Jakarta Meluas Menjadi 21 Lokasi

"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," ujar Insaf.

Genangan terjadi akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian wilayah Ibu Kota sejak Sabtu pagi. Hingga Sabtu siang, banjir merendam 3 RT di Kelurahan Kebon Jeruk dengan ketinggian air 20 sampai 40 sentimeter. Sementara itu, akibat curah hujan tinggi dan luapan Kali Pesanggrahan, satu RT di Kelurahan Joglo terendam ketinggian air 10 sentimeter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul BPBD DKI Sebut Banjir yang Rendam Ibu Kota Sudah Surut Seluruhnya.
Penulis: Zintan Prihatini
Editor: Novianti Setuningsih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru