Jabodetabek

BPN DKI Jakarta Luncurkan 2 Program, Layanan Pertanahan Lebih Efektif

Jumat, 28 November 2025 | 14:11 WIB
BPN DKI Jakarta Luncurkan 2 Program, Layanan Pertanahan Lebih Efektif

ILUSTRASI. Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi DKI Jakarta meluncurkan dua program untuk meningkatkan kualitas layanan pertanahan./KONTAN/Carolus Agus Waluyo.


Sumber: Kompas.com  | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi DKI Jakarta meluncurkan dua program untuk meningkatkan kualitas layanan pertanahan.

Kedua program yang dimaksud adalah standarisasi alur loket layanan pertanahan di seluruh Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Administrasi se-DKI Jakarta, serta aplikasi pengukuran terjadwal yang mulai diterapkan di Kantah Kota Administrasi Jakarta Timur dan Jakarta Pusat.

Baca Juga: Korban Jiwa Banjir & Longsor Sumut Jadi 55 Orang, 33 Hilang, Hubungi Hotline Berikut

Menurut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi DKI Jakarta Erry Juliani Pasoreh menjelaskan hal ini dalam peluncuran tersebut di Kantah Administrasi Kota Jakarta Timur, Jakarta, Kamis (27/11/2025).

"Pertama, ini adalah terkait dengan standarisasi alur loket untuk menyederhanakan proses dan memperjelas tahapan pelayanan serta mempermudah pemohon dalam memahami syarat dan waktu penyesuaian layanan," ungkap Erry.

Dia mengungkapkan, tujuan program pertama ini untuk menghilangkan perbedaan prosedur antar kantor pertanahan di Jakarta, sekaligus memperkuat integritas dan kualitas layanan.

"Jadi standarisasi terhadap alur pelayanan pertanahan untuk seluruh Kantah," jelas Erry.

Baca Juga: 28 November 2025: Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), ini Sejarah, Tujuan & Manfaat

Sementara program pengukuran terjadwal ini dikembangkan Kementerian ATR/BPN melaluui Direktorat Jenderal (Ditjen) Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang (SPPR).

Erry memaparkan, program ini bertujuan untuk mengatasi tingginya volume permohonan pengukuran serta memastikan penugasan petugas ukur menjadi lebih efektif.

Melalui aplikasi ini, proses penjadwalan dapat dipantau secara real-time, membantu pemerataan beban kerja, dan mempercepat penyelesaian layanan-layanan yang memerlukan hasil pengukuran.

"Kegiatan itu adalah bagaimana orang itu memilih kapan dia bisa hadir. Jadi, waktu yang dipilih kemudian sudah ada petugas ukur yang nanti akan ditugaskan. Jadi, dia dalam satu bulan di hari kerja sudah terjadwal bidang mana, siapa pemohonnya," jelas Erry.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Denpasar & Bali: BMKG Prediksi Hujan Ringan

Komitmen Pegawai Erry menambahkan, Kanwil BPN DKI Jakarta menekankan, keberhasilan implementasi kedua program sangat bergantung pada komitmen seluruh jajaran pegawai, mulai dari petugas loket hingga tim teknis di lapangan.

Evaluasi berkala akan dilakukan untuk memastikan standar dan aplikasi berjalan sesuai tujuan, sekaligus menjadi dasar penyempurnaan di kemudian hari.

Melalui peluncuran dua program ini, Kanwil BPN DKI Jakarta berupaya mendorong percepatan modernisasi layanan pertanahan serta meningkatkan kepercayaan publik melalui pelayanan yang lebih cepat, pasti, dan profesional.

Sumber: https://www.kompas.com/properti/read/2025/11/28/110000421/jakarta-rilis-dua-program-pertanahan-dijamin-efektif-dan-hemat-waktu.

Selanjutnya: Asosiasi Pengemudi Ojol Minta Regulasi Jaminan Sosial untuk Driver Ojol

Menarik Dibaca: 9 Daftar Promo Black Friday November 2025, Diskon Jumbo di Lotte Mall sampai Zalora

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Terbaru