BRI Gelar Program Pemberdayaan Pada Kelompok UMKM Bungbulang

Jumat, 01 September 2023 | 14:15 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
 BRI Gelar Program Pemberdayaan Pada Kelompok UMKM Bungbulang

ILUSTRASI. Petugas keamanan berjaga di depan beberpa logo perusahaan asuransi jiwa di kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Jakara, Jumat (24/9). KONTAN/Carolus Agus Waluyo/24/09/2021.


UMKM - JAKARTA. BRI Life berkolaborasi dengan BRI Research Institute dan Oorange Pusat Inkubasi Bisnis Universitas Padjajaran melakukan program pemberdayaan bagi kelompok usaha, yakni anggota usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Bungbulang, Kabupaten Garut. Pemberdayaan dilakukan melalui pelatihan dan pembangunan rumah pemasaran, termasuk pelatihan dan literasi keuangan.

Sekretaris Perusahaan BRI Life, Ade Nasution menyampaikan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan di desa Cihikeu diikuti oleh 30 orang pelaku usaha perwakilan kelompok yang berasal dari 4 desa yaitu Desa Cihikeu, Desa Cikalong, Desa Citalahab, dan Desa Tegal Lega, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut.
 
“Pemberdayaan bagi UMKM Bungbulang dilakukan dengan memberikan pelatihan-pelatihan penunjang usaha antaranya inovasi produk, pencatatan keuangan usaha, digitalisasi usaha, dan pengetahuan mengenai produk keuangan khususnya asuransi yang dimulai awal Juli 2023 hingga Agustus 2023," kata Ade dalam keterangannya, Jumat (1/9).
 
Selain itu, BRI Life juga memberikan bantuan alat usaha, legalitas usaha seperti sertifikat halal, PIRT, dan NIB, serta asuransi AMKKM kepada seluruh pelaku usaha yang mengikuti program pemberdayaan.

Baca Juga: Pesta Laba Bank Besar, BRI Menjadi Juaranya

Ade bilang, UMKM Bungbulang dipilih sebagai fokus utama kegiatan pemberdayaan, karena saat ini masih kesulitan dalam mengakses pasar, dan lokasinya yang cukup jauh dari pusat perdagangan di Kabupaten Garut dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam dari pusat kota,

Mayoritas UMKM Bungbulang memproduksi makanan ringan khas Kecamatan Bungbulang seperti Pikda (Keripik Lada), Moring, Cimol, Sale Pisang, Bola Ubi, Kremes Ubi, Oseng Gurilem, Gula Semut, sampai Anyaman Bambu. 
 
Koordinator pelaku UMKM Bungbulang Elih Muslihat berharap, program tersebut bisa mendoorng pelaku UMKM di Bungbulang dapat  bergerak lebih maju. "Pelatihan dan pembangunan rumah pemasaran ini merupakan sebuah harapan untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh anggota melalui peningkatan penjualan dan mengenalkan produk-produk khas Kecamatan Bungbulang” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru