Bundaran HI sudah ramai, siap rayakan Tahun Baru

Sabtu, 31 Desember 2016 | 19:21 WIB Sumber: Antara
Bundaran HI sudah ramai, siap rayakan Tahun Baru


JAKARTA. Warga Jakarta mulai memadati kawasan Bundaran HI dan sepanjang jalan MH.Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (31/12)  malam sembari membawa terompet untuk berkumpul merayakan tahun baru 2017.

Menurut pantauan Antara, sejumlah pedagang kaki lima juga turut bersiap akan membuka lapak mereka di pusat-pusat keramaian antara Bundaran H.I hingga Monumen Nasional (Monas). Suara terompet juga mulai bersautan dari para penjual terompet guna menarik perhatian pembeli.

Namun, hingga pukul 19.00 WIB, mobil-mobil pribadi masih melintas di sepanjang jalan MH Thamrin, padahal info dari Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta jalan akan dialihkan mulai pukul 17.00 WIB.

Kemudian aparat keamanan juga sudah bersiaga di sepanjang jalan. Di sepanjang jalan sekelompok orang juga tampak duduk-duduk bergerombol menunggu keramaian dimulai.

Berdasarkan informasi dari Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, pihaknya telah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas selama kegiatan malam bebas kendaraan bermotor (Car Free Night) pada malam tahun baru di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman.

Lokasi Car Free Night itu sendiri akan dimulai dari Patung Kuda hingga Semanggi. Pengalihan arus akan dimulai dari pukul 17.00 WIB hingga 02.00 WIB. Diimbau kepada seluruh masyarakat agar pada pukul 01.00 WIB sudah meninggalkan lokasi Car Free Night.

"Pengalihan arus akan dilakukan secara manual oleh para petugas dari Ditlantas, Dishubtrans dan fungsi-fungsi pengemban lalu lintas lainnya, dan juga dikendalikan dengan fasilitas dari RTMC," kata Kepala Dishubtrans DKI Andri Yansyah.

Dia menyebutkan pengalihan arus yang telah disiapkan itu, antara lain dari arah utara ke selatan (titik alih arus di Harmoni) yakni dari Jalan Hayam Wuruk mengarah ke Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Juanda-Pasar Baru-Gunung Sahari atau ke Lapangan Banteng-Jalan Medan Merdeka Timur-Tugu Tani dan seterusnya.

Kemudian, arus dari Veteran Raya mengarah ke Jalan Medan Merdeka Utara diluruskan ke Harmoni-Jalan Suryo Pranoto atau Jalan Gajah Mada.

Untuk arus dari Merdeka Timur mengarah ke Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira-Adipura (Pasar Baru)-Gunung Sahari atau Veteran raya-Harmoni-Jalan Suryo Pranoto atau ke Jalan Gajah Mada.

Sedangkan arus dari Tugu Tani mengarah ke Thamrin diarahkan ke Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Perwira-Pasar baru dan seterusnya. Apabila terjadi kepadatan di sekitar Semanggi, maka akan dilakukan pengalihan arus di Bundaran Senayan, yakni arus dari Patimura, Senopati dan Sisingamangaraja dialihkan ke Jalan Asia Afrika-Jalan Pakubuwono dan seterusnya.

Demikian juga untuk arus lalu lintas yang dari jalan tol akan disesuaikan dengan distribusi arus, menyesuaikan perkembangan di lapangan.

"Diharapkan masyarakat mengetahui perkembangan real time situasi lalu lintas, sehingga arus lalu lintas tetap lancar dan tercipta suasana yang kondusif dan dinamis selama perayaan malam pergantian tahun," ungkap Andri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru