Bupati Purwakarta minta akik disertifikasi

Minggu, 03 Mei 2015 | 12:03 WIB Sumber: Kompas.com
Bupati Purwakarta minta akik disertifikasi


BANDUNG. Pemerintah diminta untuk mengeluarkan sertifikasi batu akik. Hal ini dilakukan agar batu akik memiliki nilai ekonomi yang bias sejajar dengan batu mulia lainnya. 

“Tren batu akik jangan hanya sementara seperti Gelombang Cinta dan ikan Louhan. Karena batu akik memperlihatkan betapa kayanya Indonesia,” ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Minggu (3/5). 

Untuk itu, diperlukan standarisasi dan sertifikasi agar batu akik bisa menjadi barang investasi sehingga batu akik tidak hanya diminati kaum adam, tapi juga kaum hawa. Dengan sertifkasi dan standarisasi, Indonesia bisa jauh lebih maju dibanding Singapura. 

“Singapura merupakan negara kecil yang tidak punya kekayaan alam melimpah seperti Indonesia. Mereka tidak punya minyak, sumber air, gunung, tambang, tapi kenapa mereka dapat maju? Karena, di sana letak semua standarisasi,” imbuhnya. 

Seperti dalam perbankan dan keuangan ada lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang melakukan standarisasi, Dedi menilai batu akik juga harus memiliki lembaga otoritas jasa akik. 

Untuk mendorongnya, Dedi mengaku akan menyurati Kementerian Perindustrian dalam pekan ini. 

“Yang bisa mengeluarkan sertifikasi dari pusat. Makanya kami akan surati Kementerian Perindustrian,” tuturnya. 

Namun Dedi mengingatkan, perajin batu tidak merusak lingkungan saat mencari batu. 

“Jangan sampai karena batu, lingkungan menjadi rusak ataupun sungai menjadi rusak akibat seringnya dikeruk,” tutupnya. (Reni Susanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru