Car free day di Mampang ditiadakan selama Ramadan

Minggu, 20 Mei 2018 | 08:34 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Car free day di Mampang ditiadakan selama Ramadan

ILUSTRASI. Cuaca Ekstrem Jakarta


DKI JAKARTA - JAKARTA. Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day di sepanjang Jalan Mampang Prapatan Raya atau Warung Buncit, Jakarta Selatan, ditiadakan selama bulan Ramadhan.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Christianto mengatakan, keputusan tersebut mengikuti ketentuan car free day di wilayah kota hanya dilaksanakan sebelas kali dalam sebulan.

"Yang di sepanjang Warung Buncit saja (ditiadakan). HBKB di wilayah kota sebulan sekali, tiap tahun hanya sebelas kali. Tahun kemarin juga seperti itu," ujar Christianto saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (20/5).

Christianto menyebut, pihaknya akan menyosialisasikan ditiadakannya car free day kepada warga melalui kelurahan-kelurahan di Jakarta Selatan. Lurah-lurah nantinya akan menyebarkan surat pemberitahuan ke RT/RW.

Dia mengimbau warga yang ingin berolahraga untuk memanfaatkan car free day di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Sudirman atau di ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA).

"Warga bisa memanfaatkan HBKB Sudirman-Thamrin atau RPTRA untuk berolahraga. Kegiatan HBKB baru kembali digelar oleh Pemkot Jaksel setelah hari raya Idul Fitri," kata Christianto.

Adapun HBKB di sepanjang Jalan Mampang Prapatan Raya (Simpang Duren Tiga) hingga Jalan Warung Jati Barat (Simpang Pejaten Village) biasa digelar sejak pukul 06.00-11.00 WIB. Kegiatan HBKB di sana sudah dilakukan sejak Oktober 2017 dan rutin dilakukan pada pekan ketiga setiap bulannya. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Selama Ramadhan, "Car Free Day" di Mampang Ditiadakan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru