Catat, 15 pasar ini siapkan telur dengan harga murah hingga besok Senin (31/12)

Minggu, 30 Desember 2018 | 11:19 WIB   Reporter: Kiki Safitri
Catat, 15 pasar ini siapkan telur dengan harga murah hingga besok Senin (31/12)

ILUSTRASI. Peternak mengumpulkan telur di sentra peternakan ayam petelur


HARGA PANGAN - JAKARTA. Terkait dengan kenaikan harga telur dalam beberapa waktu belakangan ini, membuat pemerintah melakukan kebijakan operasi pasar. Tercatat, dalam beberapa pekan harga telur ayam sudah mencapai Rp 27.000 per kg hingga Rp 30.000 per kg.

"Telur ayam ras dijual dengan harga Rp 23.000 per kg, harga ini merupakan harga yang sama di tingkat produsen / peternak," kata Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DKI Jakarta, Mujiati kepada Kontan melalui pesan singkat, Minggu (30/12).

Adapun 15 pasar yang menyediakan telur dengan harga murah ini antara lain Pasar Grogol, Pasar Cijantung, Pasar Jatinegara, Pasar Kramatjati, Pasar Tebet barat, Pasar Pademangan Timur dan Pasar Mampang Prapatan.

Selain itu ada juga Toko tani center (TTIC), Gerai Tani Ragunan, Gerai Tani Klender, Gerai Cupang Slipi, Gerai Fish Angke Muara Angke, Gerai Nelayan Kamal Muara, Gerai SiDuck rorortan dan Gerai inpari Gunung Sahari.

Muji menjelaskan dalam pengadaan ini, masyarakat yang membeli telur ayam tidak perlu khawatir akan batas maksimal pembelian. "Tidak ada batasan maksimal pembelian," ungkapnya.

Untuk wilayah DKI Jakarta pemerintah menggelontorkan 21 ton telur untuk pasar murah ini. Namun per hari ini, belum separuh dari jumlah tersebut yang terserap. "Baru 5,3 ton yang terserap pasar, jika tidak habis hingga 31 Desember,sisanya ini akan dijual di tempat lain," jelasnya.

Namun Muji masih belum memastikan lokasi mana saja yang akan menjadi target penjualan telur murah ini. Hal ini lantaran perlu koordinasi dengan Badan Ketahanan Pangan (BKP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru