Cegah penyebaran corona, semua pasar di kota Semarang akan disemprot disinfektan

Senin, 20 April 2020 | 10:06 WIB Sumber: Kompas.com
Cegah penyebaran corona, semua pasar di kota Semarang akan disemprot disinfektan

ILUSTRASI. Semua pasar di kota Semaraang akan disemprot disinfektan Selasa (21/4). KONTAN/Fransiskus Simbolon


KONTAN.CO.ID - SEMARANG. Semua pasar yang ada di Kota Semarang akan disemprot disinfektan pada Selasa (21/4/2020). 

Menurut Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, penyemprotan disinfektan itu merupakan upaya sterilisasi tempat umum, terutama tempat yang berpotensi menyebarkan coronavirus disease 2019 (Covid-19), seperti pasar. "Pasar rakyat menjadi tempat beraktivitas banyak orang,” ujar Hendi (sapaan akrab Wali Kota Semarang) dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Walau ada wabah virus corona, buruh tetap akan menggelar aksi May Day

Ia melanjutkan, mereka yang berbelanja ke pasar kemudian akan pulang ke rumah atau menjual kembali belanjaan dengan berkeliling. "Maka dari itu, ada kekhawatiran masyarakat bahwa pasar rakyat menjadi ruang penyebaran Covid-19. Maka dari itu kami lakukan penyemprotan disinfektan," imbuh Hendi. 

Apa yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang tersebut juga dilatarbelakangi kabar seorang ibu rumah tangga yang tertular Covid-19, diduga dari pedagang sayur keliling. Padahal, ibu rumah tangga itu mengaku tidak pernah bepergian ke luar kota dalam waktu dekat atau mendatangi kerumunan di luar rumah. 

Baca Juga: Jakarta masih bebas ganjil genap selama PSBB diterapkan

Sementara itu, penyemprotan disinfektan di semua pasar kota Semarang akan dimulai pada siang hari pukul 11.00 waktu Indonesia barat (WIB). “Pedagang pasar tradisional di Kota Semarang diharapkan dapat menghentikan aktivitasnya sebelum jam 11.00 WIB pada hari tersebut,” ujar Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Semarang Widoyono. 

Ia melanjutkan, pedagang baru bisa berjualan lagi keesokan harinya, Rabu (22/4/2020) agar cairan disinfektan tidak terhirup pedagang. “Penyemprotan serentak ini dilakukan atas petunjuk bapak Wali Kota Semarang untuk menekan penyebaran Covid-19," imbuh Widoyono.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Selasa Besok, Semua Pasar di Kota Semarang Akan Disemprot Disinfektan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru