Cegah virus corona, penerbangan dari luar negeri mendapat perhatian khusus

Kamis, 23 Januari 2020 | 13:24 WIB Sumber: Kompas.com
Cegah virus corona, penerbangan dari luar negeri mendapat perhatian khusus


VIRUS CORONA - PANGKALPINANG. Mengantisipasi merebaknya virus corona penyebab demam panas (Pneumonia) dari China, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung mulai memperketat pengawasan pengunjung. 

Penerbangan langsung dari luar negeri, termasuk kedatangan jet-jet pribadi menjadi prioritas pemeriksaan menggunakan pemindai suhu tubuh (thermo scanner). 

Baca Juga: Akses bandara dan stasiun kereta api di kota Wuhan ditutup

"Bandara Hanandjoeddin di Belitung yang jadi perhatian khusus karena ada penerbangan internasional. Ada kedatangan rutin dari Kuala Lumpur termasuk kedatangan jet-jet pribadi dari Kuala Lumpur dan Singapura," kata Kasie Pengendalian Risiko Lingkungan KKP Pangkal Pinang, Jhonson Simamarta kepada Kompas.com di kantor KKP, Kamis (23/1). 

Dia menuturkan, meskipun belum ada penerbangan langsung dari China, namun penerbangan internasional dari Kuala Lumpur ke Belitung rutin setiap pekannya. Sementara penerbangan jet-jet pribadi biasanya dilakukan keluarga tertentu dalam rangka berobat atau berwisata. 

"Di Belitung kami sudah lakukan musyawarah. Bagi pengunjung dengan suhu di atas 38 langsung diperiksa intensif di ruang isolasi dan ada ambulance yang siaga untuk dirujuk ke RSUD setempat," kata Jhonson. 

Baca Juga: Scoot Airlines batalkan penerbangan ke Wuhan

Editor: Handoyo .

Terbaru