Ini cara cek data Bansos, tahap 4 DKI Jakarta disalurkan pekan ini

Rabu, 01 Juli 2020 | 05:25 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Ini cara cek data Bansos, tahap 4 DKI Jakarta disalurkan pekan ini

ILUSTRASI.


BANSOS - JAKARTA. Warga DKI Jakarta bisa cek data bansos sendiri apakah akan mendapatkan paket bansos tahap 4 DKI Jakarta yang sudah mulai disalurkan pada pekan ini.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menyalurkan bantuan sosial atau bansos tahap 4 kepada warga masyarkat. Paket bansos tahap 4 DKI Jakarta ini disalurkan mulai hari ini Sabtu 27 Juni 2020 di beberapa kecamatan.

"InsyaAllah paket bansos tahap 4 akan turun. Mohon bantuan Bapak-Bapak dalam menurunkannya hingga mengangkut," kata seorang Ketua RT di wilayah Pasar Rebo Jakarta Timur saat memberikan imbauan kepada warganya Sabtu 27 Juni 2020.

Baca Juga: Cek data Anda, paket bansos tahap 4 DKI Jakarta masih sisalurkan pekan ini

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakann bahwa paket bansos DKI Jakarta akan terus bergulir pada Juli 2020 sampai Desember 2020.

Hanya saja Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan penerima paket bansos kali ini akan berkurang dibandingkan dengan paket bansos DKI Jakarta sebelumnya.

Pemerintah terimakasih atas bantuan RT dan RW Baik pemerintah pusat dan daerah

"Nanti bantuan disesuaikan dengan orang yang membutuhkan, dan jumlah akan akan berkurang. Kalau sebelumnya ojek online dapet bansos nanti penerima berkugang seiring dengan pulihnya ekonomi. Setelah orang bekerja tidak dibantu lagi secara bertahap," kata Ahmad Riza Patria melalui video yang di unggah Pemerintah provinsi DKI Jakarta pada Jumat (26/6).

Riza Patria menegaskna, orang yang sudah kembali pulih bekerja dan perekonomianya mulai stabil tidak dapat bantuan lagi dari pemerintah. " Kecuali bagi warga yang sudah terdaftar mendapat bantuan rutin seperti Kartu Jakarta Pintar (KJP) kartu lansia, disabilitas. Mereka akan tetap mendapatkan bantuan terus," kata Riza Patria.

Demikian juga bagi warga yang sudah terdaftar sebagai penerima Bansos dari pemerintah pusat, seperti Program Keluara Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari pemrintah pusat akan tetap rutin di salurkan. 

Menurut Ahmad Riza Patria, berkurang bantuan ini di satu sisi harus disyukuri artinya sudah pulih dan normal kembali kecuali kelompok masyarkat pra sejahtera.

"Jadi bantuan ada dua yakni dari pusat dan daerah sampai Juli Desember, jumahya akan disesuaikan," kata Wakil Gubernur. 

Pada kesempatan itu, Riza Patria juga menegaskan bahwa soal penyaluran bantuan diserahkan kepada warga lingkungan setempat.

"Bagaimana teknisnya kami serahkan kepada RT dan RW untuk mengatur cara membagikan. Bapak lebih mengerti kondisi warga RT dan RW. Yang penting sampai dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Hal ini bagian dari kebersamaan, kekeluargaan, dan kesetiakawanan warga silakan," kata Riza Patria saat berdialog dengan pengurus RT dan RW di Kelurahan Pasar Baru. 

Pada kesempatan itu ia juga menanggapi keluhan pengurus RT dan RW soal turunya bantuan sosial sampai malam hari. Menurut Riza ia akan kami menyampaikan kepada tim teknis pelaksana di lapangan. Ia menduga kemungkinan pembagian hingga larut malam karena jumlahnya sangat besar yakni mencapai 2,4 juta paket.

SELANJUTNYA: Cara cek data Bansos >>

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru