Daun kacapiring efektif mengobati diabetes melitus

Kamis, 04 Februari 2021 | 18:55 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Daun kacapiring efektif mengobati diabetes melitus


KESEHATAN - JAKARTA. Anda penderita diabetes melitus? Daun kacapiring bermanfaat sebagai obat herbal untuk diabetes melitus.  

Diabetes melitus atau yang lebih dikenal sebagai kencing manis, bukanlah penyakit yang asing untuk sebagian masyarakat tanah air. 

Baca Juga: Sering dihubungkan dengan hal mistis, ini manfaat daun kelor untuk kesehatan

Sebab, diabetes melitus merupakan salah satu jenis penyakit yang umum diderita oleh masyarakat.  

Mengutip dari buku berjudul Care Your Self: Diabetes Melitus, seseorang dikatakan menderita penyakit diabetes melitus bila kadar gula dalam darah lebih besar dari 200mg/dl. 

Penyakit diabetes melitus disebabkan kurang aktifnya produksi hormon insulin dari sel kelenjar langerhans pada organ pankreas. 

Kondisi tersebut terjadi karea menyusutnya jumlah sel penghasil hormon insulin. Namun ada pula seseorang yang menderita diabetes melitus meskipun jumlah sel hormon insulin cukup. Hal ini disebabkan insulin tidak efisien dan tubuh tidak mampu mengoksidasi glukosa menjadi energi. 

Diabetes Melitus disebabkan oleh banyak faktor yakni, keturunan, penggunaan obat-obatan tertentu, pola hidup tidak sehat, dan obesitas. 

Penyakit diabetes melitus harus segera ditangani. Bila tidak, penyakit ini akan menggerogoti tubuh penderitanya. 

Ada beberapa cara untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes melitus. Pertama, penderita bisa melakukan olahraga secara rutin. 

Kedua, penderita harus mengonsumsi makanan yang tidak memicu naiknya gula darah. Ketiga, penderita bisa mengonsumsi obat resep dokter.

Bila tidak ingin mengonsumsi obat kimia, penderita diabetes melitus bisa minum obat herbal.

Daun kacapiring obat herbal diabetes melitus 

Belakangan obat herbal jadi idola sebagian masyarakat. Sebab, obat herbal dianggap lebih aman dikonsumsi dan minim efek samping. 

Melansir dari buku berjudul Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Berkhasiat Obat karya Gagas Ulung Pusat Studi, daun kaca piring bermanfaat sebagai obat herbal untuk diabetes melitus. 

Sekedar info, kacapiring merupakan tanaman perdu yang banyak ditanam di pekarangan atau kebun. Tanaman kacapiring memiliki bunga berwarna putih dan mekar dalam waktu lama. 

Bunga kacapiring mengeluarkan aroma harum bila mekar. Hal tersebut membuat kacapiring kerab dimanfaatkan sebagai tanaman hias.  

Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup sediakan 12 lembar daun kacapiring segar dan 2 gelas air. 

Anda cuci daun kacapiring sampai bersih. Kemudian, ANda rebus 12 lembar daun kacapiring dengan 2 gelas air. 

Anda rebus daun kacapiring sampai mendidih dan menyisahkan satu gelas air. Setelah itu Anda minum air rebusan daun kacapiring selagi hangat. 

Anda sebaiknya minum obat herbal tersebut secara rutin. Anda pun juga harus olahraga serta menghindari makanan dan minuman yang bisa meningkatkan kadar gula darah. 

Baca Juga: 11 Manfaat jambu biji untuk kesehatan bila dikonsumsi secara rutin 

Selanjutnya: Biji alpukat efektif mengobati diabetes melitus, benarkah?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru