Debat Capres di JCC Malam Ini, 2.992 Personel Gabungan Disiagakan untuk Pengamanan

Minggu, 04 Februari 2024 | 14:57 WIB Sumber: Kompas.com
Debat Capres di JCC Malam Ini, 2.992 Personel Gabungan Disiagakan untuk Pengamanan

ILUSTRASI. Ribuan personel gabungan dipersiapkan untuk mengamankan perhelatan debat calon presiden (debat capres) Pemilu 2024 Minggu (4/2).ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.


PEMILU 2024 - JAKARTA. Ribuan personel gabungan dipersiapkan untuk mengamankan perhelatan debat calon presiden (debat capres) Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (4/2/). 

“Untuk jumlah personel gabungan yang dilibatkan dalam pengamanan debat capres nanti malam berjumlah 2.992 personel,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo dalam keterangannya. 

Susatyo mengatakan, personel gabungan terdiri dari petugas yang berasal dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan instansi terkait. 

Baca Juga: Jelang Debat Terakhir, Prabowo: Saya Dag Dig Dug

Seluruh petugas yang terlibat nantinya akan ditempatkan ke beberapa titik yang terbagi atas tiga Ring area. 
Adapun Ring 1 terletak di sekitar area debat, Ring 2 terletak sekitar lobi pintu masuk JCC dan Ring 3 terletak di sektor terluar, seperti pintu -pintu masuk le kawasan area GBK. 

"Kami sudah menempatkan personel di Ring 1, Ring 2 dan Ring 3. Pola pengamanan hari ini sudah kami persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya, kami evaluasi pola pengamanan debat sebelumnya, sehingga Pengamanan hari ini akan lebih baik,” tutur dia. 

Lebih lanjut, Susatyo mengungkap, belum ada rencana untuk dilakukan penutupan jalan atau pengalihan arus lalu lintas di sekitar lokasi debat. 

Ia menyebut, penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas bakal diputuskan sesuai dengan kondisi di lapangan. 

Baca Juga: Debat Capres Terakhir Digelar 4 Februari, Ini Daftar ke-12 Nama Panelisnya

"Untuk penutupan atau pengalihan arus lalu lintas, nanti melihat dinamika situasi di lapangan. Jika nanti menjelang kedatangan pasangan calon (paslon) dan tim suksesnya terjadi kepadatan kendaraan, maka tentunya kami akan prioritaskan kendaraan paslon," tutup Susatyo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "2.992 Personel Gabungan Jaga Debat Capres Malam Ini di JCC"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru