Demo 4 November, penumpang bejubel di Jatinegara

Jumat, 04 November 2016 | 19:54 WIB Sumber: Kompas.com
Demo 4 November, penumpang bejubel di Jatinegara


JAKARTA. Penumpang kereta api (KA) jarak jauh dan jarak menengah memadati Stasiun Jatinegara. Hal itu disebabkan, karena adanya pengalihan keberangkatan KA dari Stasiun Gambir ke stasiun tersebut.

Pantauan Kompas.com, penumpang berjubel menunggu jadwal keberangkatan KA di peron stasiun.

Seperti diungkapkan calon penumpang yang akan menuju ke Semarang, Algooth Putranto. Dia mengisahkan perjuangannya yang harus berdesakan dengan calon penumpang lain untuk mencetak tiket, sedangkan mesin pencetak yang tersedia hanya satu unit.

"Penumpang sampai teriak-teriak karena takut ketinggalan kereta. Mesin pencetak cuma ada satu. Setelah diteriaki, petugas menambah satu unit lagi mesin pencetak tiket," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (4/11).

Calon penumpang lainnya, Arif Budiman mengakui sempat merasa kebingungan terkait dengan pengalihan keberangkatan dari Stasiun Gambir ke Stasiun Jatinegara.

"Iya sempat bingung saat ada pengalihan keberangkatan. Karena, rumah saya agak jauh di Kuningan takut macet juga, tetapi tadi sih tidak macet," ujar Arif saat diwawancarai Kompas.com di Stasiun Jatinegara, Jakarta, Jumat (4/11).

Dirinya memaklumi kepadatan penumpang yang terjadi di Stasiun Jatinegara. Karena, menurut dia Stasiun Jatinegara memang bukan untuk stasiun KA jarak jauh.

"Agak sedikit padat sih, tetapi kami memakmi. Yang penting aman dan semua penumpang tercover," katanya.

Sementara itu, Junior Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Daop I Mahendro mengatakan, kepadatan penumpang KA jarak jauh telah terjadi sejak pukul 15.00 WIB. Menurut dia, kepadatan itu terjadi karena adanya jadwal keberangkatan KA yang berdekatan.

"Jadi waktu berangkatnya mepet-mepet. Seperti Argo Jati sama Parahyangan itu mepet. Stasiun ini juga kan peruntukkannya untuk KRL jadi peronnya kecil sehingga keliatan banyak penumpang," ucapnya.

Mahendro juga menuturkan, pihaknya telah menyiagakan petugas di setiap peron untuk membantu dan menginformasikan keberangkatan KA kepada penumpang. "Kita juga sudah siapkan tiga mesin check in dan mesin cetak tiket untuk mempermudah penumpang," tandas dia.

Sebelumnya, KAI Daop I mengalihkan keberangkatan KA jarak jauh dari Stasiun Gambir ke Stasiun Jatinegara. Pengalihan itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya demo 4 November yang dilakukan ormas islam di Istana Negara. (Achmad Fauzi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru