Deretan Makanan Khas Banyumas yang Terkenal Kelezatannya

Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:49 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Deretan Makanan Khas Banyumas yang Terkenal Kelezatannya

ILUSTRASI. Templek, makanan khas Banyumas.


KONTAN.CO.ID - Banyumas adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Ada banyak makanan khas Banyumas yang bisa Anda cicipi saat mengunjungi daerah yang terkenal sebagai penghasil kayu jati ini.  

Bicara kuliner Banyumas, orang mungkin akan berpikir mendoan. Namun, selain mendoan, daerah ini kaya akan ragam kuliner. 

Ada cukup banyak makanan khas Banyumas selain tempe tepung yang dimasak setengah matang tersebut. Nah, bagi Anda yang melintas di daerah dengan ciri khas ngapak ini, tak ada salahnya mencicipi beragam makanan khas Banyumas.

Lantas, apa saja makanan khas Banyumas? 

Baca Juga: ​Kerajaan Islam Pertama di Pulau Jawa adalah Kerajaan Demak: Pendiri dan Masa Jayanya

Daftar makanan khas Banyumas 

Soto Sokaraja, makanan khas Banyumas

Berikut sederet makanan khas Banyumas alias makanan khas Purwokerto dirangkum dari laman resmi Pemprov Jateng dan "Buku Makanan Khas Jawa Tengah" (2022), oleh Prasita Puspita Sari, Penerbit Guepedia:

1. Gethuk goreng

Makanan khas Banyumas pertama yang pamornya cukup terkenal adalah gethuk goreng. Gethuk yang merupakan kuliner Banyumas ini juga berbahan singkong maupun ketela. 

Getuk goreng adalah makanan khas Banyumas, terutama di daerah Sokaraja. Gethuk goreng Sokaraja ini banyak dijumpai di sepanjang jalan Jenderal Soedirman.

Pada awalnya, gethuk goreng adalah makanan masyarakat kelas atas karena harus digoreng dengan menggunakan minyak, sedangkan untuk rakyat kelas bawah minyak merupakan suatu hal yang mewah.

Keahlian masyarakat Sokaraja membuat makanan khas Banyumas berupa getuk goreng ini sebagian besar diajarkan secara turun- temurun dalam lintas generasi.

Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan getuk goreng Sokaraja tergolong murah dan mudah didapat apalagi daerah Banyumas yang memang terkenal sebagai salah satu pusat pembuatan gula jawa atau gula merah.

Baca Juga: Makanan Khas Banjarnegara, Kuliner Tradisional yang Wajib Dicoba

2. Soto Sokaraja

Sama dengan gethuk goreng, daerah Sokaraja juga terkenal dengan sotonya. Makanan khas Banyumas ini berbahan utama soun, kecambah tauge, ketupat, lalu disiram dengan kuah soto berisi ayam atau daging sapi. 

Keunikan dari soto khas Banyumas ini adalah sambal kacang yang disajikan sebagai pelengkap. Tidak ketinggalan, dilengkapi juga dengan remahan kerupuk kanji.

Teman makan makanan khas Purwokerto ini adalah tempe mendoan. Tempe berbalut tepung yang digoreng setengah kering ini, enak dimakan hangat dengan cabe rawit dan kecap manis.

3. Kraca

Makanan khas Banyumas lainnya yang sayang dilewatkan adalah kraca. Makanan ini bahan dasarnya berupa keong kecil. 

Keong-keong kecil ini sering didapat dari sawah yang kemudian diolah dengan diberi kuah. Rasanya gurih dan nikmat dengan campuran bumbu bawang, pala, merica, garam serta bumbu-bumbu lainnya.

Tetapi mengolah kraca tidak bisa sembarangan, karena kraca merupakan keong sawah dan termasuk kelompok hewan berlendir. 

Biasanya sebelum dimasak kraca harus direndam air semalaman. Kemudian ujung cangkang di pecah agar saat dimasak daging dalamnya matang dan berbumbu. Setelah itu dibersihkan dan dicuci berkali-kali agar bersih dan siap diolah.

Cara menikmati kraca ini biasanya dengan menyedot keong yang sudah dibuang penutupnya atau bisa juga dicukil menggunakan lidi ataupun gigi garpu.

Baca Juga: 7 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia, Mana Saja?

4. Templek

Makanan khas Banyumas selanjutnya yang cukup populer adalah templek. Penganan ini terbuat dari sisa pengolahan tahu yang kemudian dibulatkan kecil seukuran bola bekel. 

Sebagai tambahan rasa, dicampur dengan bawang putih, kencur, dan cabai yang telah dihaluskan. Adonan yang telah terbalur bumbu dan membulat kemudian dicelupkan dalam tepung, lalu digoreng. 

Ketika digigit dalam keadaan panas, ada sensasi renyah namun lembut di dalam dan cita rasa rempah yang langsung meruah. Jika kurang pedas, bisa dikunyah menggunakan cabai atau dicocol sambal kecap.

Nah, itulah beberapa makanan khas Banyumas atau makanan khas Purwokerto. Jika Anda melintas di daerah ini, tak ada ruginya untuk mencicipi salah satunya. Kuliner Banyumas juga terkenal dengan harga yang tidak menguras kantong. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru