Dilaporkan karena ubah wajah Anies jadi Joker, Ade Armando: Bukan Saya yang buat

Sabtu, 02 November 2019 | 10:22 WIB Sumber: Kompas.com
Dilaporkan karena ubah wajah Anies jadi Joker, Ade Armando: Bukan Saya yang buat

ILUSTRASI. Dosen Universitas Indonesia, Ade Armando saat memenuhi panggilan polisi di Mapolda Metro Jaya pada Kamis (23/6/2016)


HUKUM - JAKARTA. Tadi malam, dosen Universitas Indonesia Ade Armando dilaporkan oleh salah satu anggota DPD RI Fahira Idris terkait postingan yang berisi meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berwajah Joker. Foto itu diunggah Ade beberapa waktu lalu di akun Facebook. 

Namun ketika dikonfirmasi, Ade Armando merasa tidak pernah membuat foto tersebut. Dia hanya mengunggah foto yang diedit orang lain. 

"Meme itu sendiri bukan buatan saya. Tapi saya secara sadar menyebarkannya karena isinya memang sesuai dengan apa yang ingin saya sampaikan pada Anies dan pada publik," ujar Ade Armando saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (2/11). 

Baca Juga: Ade Armando dilaporkan ke polisi karena unggah meme Anies Baswedan berwajah Joker

Dia memposting foto tersebut karena melihat kinerja Anies dalam mengelola pemerintahan. Ini merupakan bentuk kekecewaanya karena pembengkakan anggaran yang tidak masuk akal. 

Misalnya seperti anggaran bolpoin dan lem yang mencapai miliaran rupiah. "Itu merupakan penghamburan uang rakyat yang luar biasa. Menurut saya, apa yang dilakukannya jahat," ucap dia. 

Dia mengaku akan mengikuti proses hukum di Polda Metro Jaya dan siap dipanggil polisi untuk dimintai keterangan. "Saya siap diperiksa. Saya merasa sama sekali tidak bersalah. Apalagi kalau tuduhannya saya mengubah gambar Anies," kata dia. 

Untuk diketahui, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Fahira Idris melaporkan akun Facebook atas nama Ade Armando atas dugaan perubahan terhadap bentuk dokumen dan atau informasi elektronik atas foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Laporan tersebut terdaftar dalam nomor laporan LP/7057/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus, tanggal 1 November 2019. 

Baca Juga: Hari ini, uji coba jalur sepeda rute Tomang Raya-Jatinegara dimulai

Fahira mengaku mengetahui postingan tersebut pada Jumat (1/11/2019) saat bertugas di kantornya. Pasalnya, akun facebook Ade Armando menggunggah foto Anies Baswedan yang diubah menjadi foto tokoh Joker. 

"Foto (yang diunggah) di facebooknya Ade Armando adalah foto Gubernur Anies Baswedan yang merupakan dokumen milik Pemprov DKI atau milik publik yang diduga diubah menjadi foto seperti (tokoh) Joker," ujar Fahira di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan. (Walda Marison)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dilaporkan karena Ubah Wajah Anies Jadi Joker, Ade Armando: Bukan Saya yang Buat"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru