Dinas Kesehatan DKI pastikan posko kesehatan di pengungsian tetap buka 24 jam

Minggu, 05 Januari 2020 | 17:38 WIB Sumber: Kompas.com
Dinas Kesehatan DKI pastikan posko kesehatan di pengungsian tetap buka 24 jam

ILUSTRASI. Sejumlah warga beristirahat di posko pengungsi korban banjir, di Gudang Logistik Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Pondok Gede Permai, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (2/1/2020).


BANJIR JAKARTA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan posko kesehatan di semua lokasi pengungsian tetap buka 24 jam pascabanjir. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, meski sebagian besar banjir telah surut dan warga telah kembali ke rumah, posko kesehatan yang berdiri di tiap pengungsian tetap buka 24 jam.

"Posko kesehatan kami buka, yang ada pengungsiannya. Jadi sementara ini memang karakter warga kita begitu, air surut mereka kembali aktivitas ke rumah, bersih-bersihkan rumah. Tapi kami, posko, tetap kami siagakan," kata Widyastuti saat kerja bakti di Kampung Pulo, Jakarta Timur, Minggu (5/1).

Baca Juga: Anies: Hanya 15% wilayah Jakarta dilanda banjir

Dia mengimbau warga yang mulai mengalami gejala penyakit pascabanjir agar segera mendatangi posko kesehatan. "Posko kami walaupun pengungsi sebagian sudah kembali ke rumah, tetap dari puskesmas kecamatan, kami buka 24 jam, rumah sakit kami juga buka 24 jam. Silakan warga jika merasakan sakit-sakit silahkan mengakses layanan kami, gratis," ujar Widyastuti.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga akan memberikan cairan karbol dan desinfektan kepada warga terdampak banjir guna mencegah penyakit menular akibat banjir. "Setelah bersih semua, kami upayakan desinfeksi terhadap lingkungan. Kami akan campurkan larutan desinfektan sama air, kami campurkan ke selang itu untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau," ujar Widyastuti. (Dean Pahrevi)

Baca Juga: Anies menyebut masih Ada 65 RW di Jakarta yang tergenang banjir hingga kemarin

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Dinkes DKI Pastikan Posko Kesehatan di Pengungsian Tetap Buka 24 Jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru