Djarot: Anggaran basmi tikus tersedia Rp 80 juta

Rabu, 19 Oktober 2016 | 21:42 WIB Sumber: Kompas.com
Djarot: Anggaran basmi tikus tersedia Rp 80 juta


JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyiapkan anggaran untuk perburuan tikus mencapai Rp 80 juta. Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat menyebut, anggaran tersebut berasal dari anggaran untuk kegiatan pembasmian hama.

"Kami ada anggaran pembasmian hama Rp 80 juta," kata Djarot di sela-sela kunjungannya di Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu (19/10/).

Selain akan menggunakan anggaran pembasmian hama, Djarot menyebut, anggaran perburuan tikus juga akan diambil dari anggaran pengadaan pupuk organik. Alasannya, karena bangkai tikus bisa dimanfaatkan untuk pupuk organik.

Menurut Djarot, kegiatan Gerakan Basmi Tikus akan dikoordinasi oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintahan, sebab anggaran nantinya akan dikucurkan melalui kantor-kantor kelurahan. "Nanti akan dibantu juga oleh Dinas Kebersihan dan Dinas Pertamanan," tuturnya.

Teknis mengenai pelaksanaan program ini kemungkinan dilaksanakan dengan cara melibatkan warga untuk memburu tikus yang berkeliaran di tempat tinggalnya. Tikus yang ditangkap kemudian dikumpulkan di kantor kelurahan dan dihargai Rp 20.000 per ekor.

Djarot menyebut bangkai-bangkai tikus yang terkumpul nantinya akan diolah menjadi pupuk. Jika terealisasi, Djarot berharap program tersebut memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. "Tikus itu kan bukan hanya hama, tapi juga penyebar penyakit," ucapnya. (Alsadad Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru