Dorong Generasi Muda Kembali ke Pertanian, Kementan Gelar Open Day

Rabu, 22 Mei 2024 | 21:51 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Dorong Generasi Muda Kembali ke Pertanian, Kementan Gelar Open Day

Open Day menjadi platform bagi para petani muda berbagi pengetahuan, pengalaman dan ide-ide inovatif dalam memperbaiki dan mengembangkan sektor?pertanian.


AGRIBISNIS -  JAKARTA. Kegiatan Open Day yang digelar di pelataran SMKN Kalibaru, Selasa (21/5) merupakan upaya mendukung generasi muda Kabupaten Banyuwangi untuk back to agriculture dimana bertani merupakan sumber penghidupan dan penghasil cuan yang menjanjikan sepanjang waktu.

Kegiatan Open Day yang digelar oleh Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) memfasilitasi upaya mendorong dan mendukung regenerasi pertanian di Banyuwangi di bawah koordinasi Polbangtan Malang selalu Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Program YESS di Provinsi Jawa Tmur.

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana mengatakan pihaknya dalam kegiatan tersebut, para petani muda memiliki kesempatan untuk memamerkan produk-produk pertanian mereka kepada masyarakat luas, yang merupakan langkah penting mempromosikan hasil-hasil pertanian lokal. 

Baca Juga: Apa Itu Perubahan Iklim dan Seperti Penanganan Perubahan Iklim SDGs di Indonesia?

"Open Day juga menjadi platform bagi para petani muda berbagi pengetahuan, pengalaman dan ide-ide inovatif dalam memperbaiki dan mengembangkan sektor pertanian," ujarnya dalam keterangan tertulis seperti dikutip, Rabu (22/5).

Kegiatan Open Day sejalan arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang terus mendorong generasi muda untuk berperan aktif dan proaktif demi memajukan pertanian Indonesia.

Sementara itu, Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengatakan, petani muda mempunyai peran penting dalam melanjutkan pembangunan di sektor pertanian.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan, Ilham Juanda yang hadir saat membuka acara sangat mendukung kegiatan tersebut. Open Day merupakan salah satu kegiatan Program YESS dalam upaya regenerasi petani. 

Baca Juga: Kenalkan Agribisnis, Kementan Gelar Motivasi Bisnis Pathway Bagi Pemuda Tani

Kepala Sekolah SMKN Kalibaru, Paidi berpesan pada sekitar 250 anak-anak SMP dan SMK/SMKPP yang hadir untuk memanfaatkan kegiatan Open Day.

“Peluang besar ada di depan kita. Tinggal kita bagaimana memanfaatkannya. Bagi siswa SMP yang dimulai PPDB pada 7 Juni 2024, tentukan pilihanmu sebaik mungkin. Jangan cari yang mudah proses pembelajarannya tapi sulit proses mencari kerja," katanya.

Koordinator Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Polbangtan Malang, Ugik Romadi mengatakan pihaknya mewakili PPIU Jawa Timur menyebutkan bahwa pihaknya adalah institusi yang mendidik generasi muda di bidang pertanian yang dibiayai oleh Kementan.

Open Day yang dilaksanakan di pelataran SMKN Kalibaru Kabupaten Banyuwangi tersebut merupakan kegiatan pameran produk hasil pertanian yang digagas YESS PPIU Jawa Timur untuk menunjukan hasil produk pertanian para petani muda kepada masyarakat luas.

Baca Juga: Kementan Dorong Penyuluh Pertanian Cerdas Iklim (CSA) Paham Kebutuhan Petani

Kegiatan tersebut juga bertujuan menarik minat para pemuda untuk terlibat di dunia pertanian sehingga memunculkan paradigma bahwa pertanian itu menarik dan menjanjikan keuntungan.

Adapun pameran yang ditampilkan yaitu agribisnis ternak antara lain DOC ayam kampung, telur tetas, telur asin, ayam kampung, pemen sapi, susu rasa, silase, dan pupuk organik serta agribisnis teknologi pengolahan pertanian antara lain kopi, roti ungu, roti sosis, donat glaze dan roti boy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru