CLOSE [X]
Peristiwa

Dorong UMKM Go Global, Peruri Bekali dengan Pelatihan Strategi Branding

Jumat, 11 Oktober 2024 | 21:31 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Dorong UMKM Go Global, Peruri Bekali dengan Pelatihan Strategi Branding

Peruri menggelar pelatihan kepada 40 pelaku UMKM terkurasi dengan tema branding untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas. Pelatihan ini dilaksanakan di Neo Hotels Bandung pada Selasa, 8 Oktober 2024.


PERURI -  JAKARTA. Tantangan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era digital semakin meningkat, seiring dengan persaingan yang tidak hanya berskala lokal, tetapi juga nasional dan internasional. 

Branding menjadi salah satu faktor kunci yang diperlukan agar UMKM dapat tampil lebih profesional dan menarik minat konsumen.

Sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Perum Peruri mengadakan pelatihan untuk 40 UMKM terpilih. Pelatihan ini mengusung tema branding dan diselenggarakan di Neo Hotels Bandung pada Selasa, 8 Oktober 2024. 

Baca Juga: Setoran Dividen BUMN Hingga Agustus 2024 Capai Rp 70,29 Triliun

UMKM yang terpilih, bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Jawa Barat, mendapatkan pelatihan mengenai teknik copywriting dan foto produk. 

Pelatihan ini bertujuan untuk membantu UMKM meningkatkan pesan promosi dan kualitas visual produk yang dipasarkan, sehingga lebih kompetitif di pasar digital. Copywriting yang efektif akan mempermudah komunikasi dengan konsumen, sementara foto produk yang menarik akan meningkatkan daya tarik visual, terutama di marketplace dan media sosial.

"Peruri berkomitmen untuk mendukung UMKM agar dapat bertahan dan bersaing di pasar nasional maupun global. Melalui pelatihan ini, kami berharap UMKM dapat memperkuat bisnis mereka, menghadapi tantangan digitalisasi, dan memanfaatkan peluang internasional," kata Aris Wibowo, Penanggung Jawab Strategic Corporate Branding dan TJSL Peruri, dalam siaran pers Jumat (11/10).

Baca Juga: Cicilan Fleksibel untuk Bisnis UMKM

Pelatihan ini menghadirkan dua pemateri ahli, yaitu Elfa Setiawan, dosen dan praktisi marketing dari Institut STIAMI, serta fotografer Karina Nurul Islami.

Salah satu peserta, Rahmat Bainur, pemilik R&A Food, menyatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bersaing.

Sebagai bagian dari dukungan terhadap UMKM, Peruri juga memiliki program Peruri Digital Entrepreneur Academy yang telah berjalan sejak 2022. Program ini memberikan pelatihan intensif kepada UMKM untuk memanfaatkan digitalisasi dan menembus pasar global. 

Baca Juga: Peruri Luncurkan Program Digital Entrepreneur Academy Level III untuk UMKM Go Global

Setiap tahun, lima UMKM terbaik dari program ini akan mengikuti program inkubasi lanjutan dan pameran internasional guna memperluas jaringan bisnis dan meningkatkan peluang ekspor.

Selanjutnya: Surveyor Indonesia Resmikan Kantor Baru di Pekanbaru

Menarik Dibaca: Havaianas Warehouse Big Sale 2024, Ini Saatnya Bersantai di Bali dan Nikmati Diskon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru