Peristiwa

Peruri Luncurkan Program Digital Entrepreneur Academy Level III untuk UMKM Go Global

Selasa, 17 September 2024 | 12:45 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Peruri Luncurkan Program Digital Entrepreneur Academy Level III untuk UMKM Go Global

Program Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III, sebuah program pendampingan dan inkubasi bagi UMKM yang berfokus mendorong keberhasilan UMKM menembus pasar global. PERURI membuka program ini pada Jumat (13/9) di Ballroom Hotel Yello Paskal, Bandung.


PERURI -  JAKARTA. Perum Peruri resmi meluncurkan program Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III di Bandung pada Jumat (13/9). Program ini bertujuan untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menembus pasar global.

Sebanyak 25 pelaku UMKM terpilih akan mengikuti pelatihan intensif selama tiga bulan, yang mencakup pengembangan keterampilan dan manajemen untuk ekspansi internasional. Program ini merupakan kelanjutan dari inisiatif yang sudah berjalan sejak 2022.

Pada tahun pertama, program ini difokuskan pada pengenalan teknologi digital, termasuk pemanfaatan media sosial, e-commerce, dan website, untuk mendorong UMKM "go online." Tahun kedua, program ini mengedepankan penggunaan Peruri SHIELD (tanda tangan digital, stempel digital, e-meterai, dan e-invoice) untuk meningkatkan kemampuan bersaing UMKM dalam era digitalisasi atau "go digital."

Baca Juga: Dukung Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Melalui Pelatihan Vokasional

Tahun ini, fokus program beralih ke peningkatan kapasitas UMKM agar dapat bersaing di pasar internasional. Para peserta akan dibekali keterampilan menggunakan platform e-commerce global, strategi ekspor, dan akses ke jaringan bisnis internasional. Mereka juga akan berkesempatan mengikuti pameran internasional untuk mempromosikan produk mereka di hadapan pembeli global.

Program ini diikuti oleh UMKM dari berbagai sektor, seperti fashion, kerajinan, kesehatan, makanan, dan komoditas. Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL Peruri, Ratih Sukma, menekankan pentingnya peran UMKM dalam perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Cek Keaslian e-Meterai Buat CPNS 2024 Pakai 3 Cara Ini, Waspada e-Meterai Palsu

“UMKM memiliki potensi besar untuk menjadi pemain utama di pasar global. Kami percaya bahwa dengan dukungan yang tepat, UMKM dapat beradaptasi dengan tuntutan pasar internasional dan berkontribusi lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Ratih pada Selasa (17/9).

Program Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Nomor 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Selanjutnya: Keran Ekspor Pasir Laut, Walhi: Tunjukkan Kepanikan Pemerintah Tingkatkan PNBP

Menarik Dibaca: Gula Darah Normal Laki-Laki Berapa ya? Yuk, Intip Jawabannya di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru